7 Aplikasi Info Lalu Lintas Hindari Macet

7 Aplikasi Info Lalu Lintas Hindari Macet

15141
1
SHARE

Aplikasi info lalu lintas – Tinggal di kota besar memiliki sisi positif dan negatif tersediri. Sisi positifnya, kota besar biasanya menawarkan lebih banyak kesempatan kerja serta banyak hal modern, dekat dengan berbagai fasilitas publik yang termutakhir. Namun, sisi buruknya, mungkin Anda harus berjibaku dengan pengendara lain di jalan raya. Ya, apalagi kalau bukan macet!

Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya merupakan beberapa kota besar yang memiliki masalah terkait lalu lintasnya yang padat. Bila Anda kebetulan berdomisili di kota-kota besar semacam ini, maka salah satu hal paling penting yang Anda butuhkan merupakan kanal yang menyediakan info lalu lintas.

Selain memantau kondisi jalan raya lewat siaran radio, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi pemantau kondisi lalu lintas. Aplikasi ini banyak yang buatan developer dalam negeri dan tentunya akan sangat membantu perjalanan Anda untuk bisa menghindari titik-titik kemacetan. Jadi, apa saja aplikasi info lalu lintas tersebut?

1. Lewat Mana

Aplikasi pemantau kondisi jalan yang satu ini sangat membantu terutama bila Anda tinggal di Jakarta. Aplikasi Lewat Mana menyediakan informasi real time tentang kondisi lalu lintas di ruas-ruas jalan di ibukota baik melalui pantauan kamera CCTV maupun tweets dari para pengguna jalan. Anda akan mendapatkan update tentang kondisi jalan secara otomatis.

2. Waze

Aplikasi GPS populer Waze ini bisa digunakan di kota-kota besar lain di Indonesia. Terdapat fitur dimana kita bisa melihat pada peta ruas-ruas jalan yang sedang macet secara real time. Jalan yang macet ditandai dengan warna merah untuk macet parah, warna oranye untuk macet sedang, dan kuning untuk macet ringan. Sehingga Anda bisa memilih rute alternatif terbaik untuk dilalui.

3. Bandung247

Kota Bandung kerap dilanda kemacetan terutama di akhir pekan ketika wisatawan dari ibukota serta berbagai kota lain datang menyerbu kota dingin ini. Karena itu, gunakan aplikasi info jalan raya Bandung247. Ia akan menunjukkan kondisi jalanan kota Bandung secara real time lewat kamera CCTV yang tersebar di beberapa ruas jalan. Dengan ini pengguna jalan bisa mengambil rute lain yang bebas macet.

4. Surabaya Traffic

Bagi Anda yang berdomisili di kota Pahlawan, Surabaya, maka Anda bisa menggunakan aplikasi buatan anak bangsa bernama Surabaya Traffic. Aplikasi ini memiliki tampilan seperti Instagram, dimana Anda akan menemukan foto kondisi jalan lengkap dengan deskripsi dan detail lokasi yang diunggah oleh pengguna lain. Jadi, Anda bisa menghindari macet dengan lebih mudah.

5. LM – Info Traffic Lalu Lintas

Dengan menggunkan aplikasi ini perjalan anda akan di jamin kelancarannya, karena aplikasi lalu lintas ini akan membantu anda untuk mengetahui berbagai informasi lalu lintas yang terjadi disekitar anda. Jadi, anda bisa memastikan kondisi sebelum memulai perjalanan untuk menghindari kemacetan.

6. TMC Polda Metro

Aplikasi ini disediakan oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya. Fungsinya juga menyajikan informasi seputar kondisi jalan secara real time. Aplilakasi ini menyajikan informasi kondisi jalan via pantauan kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga.

7. Google Maps

Google Maps sendiri bukan hanya sekedar aplikasi peta biasa. Pada mode navigasi, kini pengguna bisa mendapatkan informasi apakah rute yang dilalui terjadi kemacetan atau tidak. Selain menginformasikan penyebab kemacetan, juga diberikan rekomendasi rute alternatif. Wah, makin canggih saja ya!

Tidak hanya itu, juga ditampilkan informasi dari Twitter milik TMC Polda Metro. Di mana aktifitas di jejaring sosial ini terbilang update. Ini membuat informasi yang diberikan terbilang lengkap, seperti kondisi lalu lintas, kecelakaan, demontasi, kebakaran dan lainnya.

Beberapa aplikasi info lalu lintas di atas pastinya bisa membantu kita untuk memantau jalan mana saja di kota besar tempat kita tinggal yang bebas dari halangan atau macet. Anda bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut di Play Store untuk pengguna Android.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY