BARU! Facebook Messenger Kids Aplikasi Chat Aman Untuk Anak

BARU! Facebook Messenger Kids Aplikasi Chat Aman Untuk Anak

346
0
SHARE

Teknonetwork – Facebook, siapa yang tidak kenal media sosial satu ini, mulai dari anak-anak samapai orang dewasa menggunakan aplikasi ini. Facebook baru-baru ini telah meluncurkan aplikasi baru untuk membantu para orangtua dalam hal mengawasi komunikasi digital yang dilakukan oleh para anak. Aplikasi baru ini diberi namas messenger kids, aplikasi ini memiliki fitur chat dan video call, dimana bisa digunakan oleh anak atau pelajar usia dini dalam berkomunikasi lewat layanan Facebook.

Aplikasi ini bisa digunakan mulai dari chat dengan keluarga yang tinggal jauh dari rumah seperti kakek nenek atau sepupu diluar kota hingga teman disekolah. Facebook menjamin privasi data anak yang dilengkapi dengan mode kendali komunikasi yang terhubung dengan akun Facebook milik orangtua.

Sesuai ketentuan hukum, anak di bawah usia 13 tahun tak diperbolehkan bergabung di ekosistem Facebook. Lantas, seperti apa mekanisme Messenger Kids? Secara garis besar sama dengan aplikasi Messenger standar, yakni memungkinkan penggunanya bertukar teks, video, foto, dan GIF. Pengguna juga bisa memanfaatkan filter-filter menggemaskan untuk mengobrol di dunia maya.

Teman atau anggota keluarga yang bisa berhubungan dengan si anak via Messenger Kids harus melewati persetujuan orang tua melalui akun Facebook mereka. Aktivitas online si anak Messenger Kids pun bisa diawasi oleh orang tua. Tiap kali anak online, orangtua akan diberi pemberitahuan khusus.

Facebook pun menegaskan bahwa Messenger Kids dibuat semata-mata untuk memenuhi kebutuhan komunikasi bagi anak. Tak ada niat untuk menggarap potensi pendapatan baru dari situ. “tak ada iklan di Messenger Kids dan informasi tentang anak Anda tak akan diberikan ke pengiklan. Aplikasi ini gratis dan tak ada in-app purchase,” perwakilan Facebook menjelaskan dalam sebuah postingan blog.

Fitur ini dikerjakan dengan banyak masukan orangtua dan juga lembaga Children’s Online Privacy dan Protection Act (COPPA) di Amerika Seriktat. Facebook ingin membantu para orangtua yang sudah memberikan akses gadget kepada anaknya dalam menjaga komunikasi digital yang dilakukan agar tetap aman alias dalam pengawasan.

Fitur utama yang diberikan tidak jauh beda dengan Facebook Messenger yang Anda kenal selama ini. Mode chat dengan fitur unggah gambar, GIF sticker dan arsiran gambar adalah bagian utamanya. Fitur tambahan yang diberikan adalah panggilan video dalam bentuk grup atau personal serta mode Live Masks, Emoji dan juga efek suara.

Tertarik mencoba Messenger Kids? hhmm.. tunggu dulu, karena fitur ini baru tersedia dalam rilisan Beta di App Store regional Amerika Serikat. Belum ada jadwal yang diberikan untuk merilis Messenger Kids di Indonesia atau negara lain, semoga dalam waktu dekat ya!

LEAVE A REPLY