Ini Dia 5 Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Jawa

Aplikasi belajar bahasa Jawa – Melestarikan budaya tradisional Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa tradisional. Umumnya, kita mendapatkan pelajaran bahasa daerah saat kita duduk di bangku sekolah dasar, sesuai dengan bahasa daerah yang banyak digunakan di tempat kita tinggal.

Ini Dia 4 Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Jawa

Bila Anda tinggal di kota-kota di pulau Jawa, maka bahasa Jawa adalah bahasa yang umum diajarkan dan digunakan. Untuk membantu Anda dalam belajar bahasa Jawa, Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada pada Android. Seperti halnya aplikasi-aplikasi belajar bahasa lain, ada juga aplikasi untuk belajar bahasa Jawa yang siap untuk diunduh.

Apa saja aplikasi belajar bahasa Jawa tersebut? Ini dia daftarnya :

  1. Pepak Belajar Basa Jawa

Siapa yang masih ingat buku pepak bahasa Jawa? Buku yang satu ini menjadi buku wajib saat kita masih menerima pelajaran bahasa Jawa di bangku sekolah dulu. Kini, tak perlu repot lagi membuka halaman demi halaman dengan hadirnya aplikasi pepak bahasa Jawa. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mencari kata dalam bahasa Jawa baik di tingkatan Ngoko, Krama, dan Krama Inggil.

Selain itu, Anda juga bisa mencari tentang nama tumbuhan, nama hewan, peribahasa, hingga aksara Jawa di aplikasi ini. Asyiknya, berbagai kosakata tersebut telah dikelompokkan berdasarkan kategori dan urut sesuai alphabet sehingga lebih memudahkan pengguna dalam belajar bahasa Jawa.

  1. Mini Pepak

Satu lagi aplikasi yang membantu Anda belajar bahasa Jawa. Aplikasi Mini Pepak ini lebih menyerupai kamus bahasa Jawa, dimana pengguna bisa mencari padanan kata bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa. Selain itu, Anda juga bisa mencari nama hewan, tumbuhan, peribahasa, parikan (pantun), serta aksara Jawa. Mirip dengan aplikasi Pepak Belajar Basa Jawa, namun tanpa tingkatan kosakata.

  1. Sinau Aksara Jawa

Kesulitan dalam menghafal tulisan aksara Jawa? Maka, aplikasi untuk belajar bahasa Jawa yang satu ini pastinya akan memudahkan Anda untuk mengatasi hal tersebut. Anda bisa praktek menulis aksara Jawa lewat aplikasi ini. Desain antarmukanya seperti papan tulis dengan tulisan kapur membuat pengguna serasa kembali belajar di sekolah. Ada fitur kuis juga lho untuk mengetes kemampuan menulis aksara Jawa kita!

  1. Hanacaraka

Sesuai namanya, aplikasi yang satu ini akan membawa kita untuk belajar mengenal aksara Jawa melalui game-game interaktif yang ada di dalamnya. Ada 4 macam permainan, yaitu Juragan Bumbon, Rajahan Wong, Milang-Miling, dan Krapyakan. Kita juga bisa menu belajar untuk praktek langsung menulis aksara Jawa. Anda bisa download aplikasi belajar bahasa Jawa ini di Google Play Store.

5. Nulis Aksara Jawa

Ini adalah salah satu aplikasi yang sangat penting dalam pembelajran bahasa jawa, kaeran Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengkonversi tulisan latin dan di ubah menjadi aksara jawa, begitu juga sebaliknya konversi aksara jawa menjadi tulisan latin. Nulis Aksara Jawa akan memudahkan untuk belajar menulis aksara jawa sekaligus melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya Jawa.

Adapun fitur-fiturnya yaitu, Konversi dari tulisan aksara jawa menjadi tulisan latin, Konversi dari tulisan latin menjadi tulisan aksara jawa, Hasil konversi berupa aksara jawa dapat disimpan sebagai gambar, Dapat menggunakan input suara (harus terinstal Google Voice Search), Aplikasi ini juga dapat mengeluarkan suara bacaan aksara jawa (harus terinstal Google Text-To-Speech dengan pack Bahasa Indonesia).

Aplikasi-aplikasi belajar bahasa Jawa di atas pastinya menyediakan tampilan antarmuka yang menarik sehingga membuat Anda akan lebih bersemangat saat belajar. Menariknya lagi, aplikasi-aplikasi tersebut tersedia untuk diunduh gratis melalui Google PlayStore. Yuk, belajar bahasa Jawa!

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia 5 Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Jawa"