Cara Transfer File Wireless Android ke Komputer

Cara Transfer File Wireless Android ke Komputer

165
0
SHARE
Transfer File Wireless Android ke Komputer

Cara Mudah Transfer File Dari Android Ke Komputer Tanpa Kabel – Teknologi yang berkembang semakin cepat dan merambah ke banyak sisi kehidupan membuat kita semakin lekat dengan gadget. Kita pun menjadi semakin membutuhkan gadget dalam banyak hal, sehingga diperlukan sinkronisasi data antara satu gadget kita dengan gadget yang lain.

Misalnya saja, kita memiliki data pekerjaan yang dikirim melalui e-mail. Karena kita mengakses dan mendownload file tersebut melalui smartphone kita, maka suatu ketika mungkin saja kita akan membutuhkan file tersebut untuk dibuka di komputer. Untuk itu kita perlu transfer file dari Android ke komputer.

Bukan hal yang sulit sebenarnya untuk melakukan hal tersebut bila kita memiliki kabel data yang biasanya tersedia dalam satu paket saat kita membeli sebuah ponsel. Tapi bagaimana jika kita tidak memiliki kabel data tersebut, baik karena hilang, tidak mendapatkannya dalam paket pembelian, atau kabel tersebut tertinggal di suatu tempat?

Anda tak perlu bingung lagi karena kami mengetahui cara mudah transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel. Kami akan mengulasnya untuk Anda. Ada beberapa cara untuk transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel.

1. Bluetooth

Yang pertama, Anda bisa menggunakan fasilitas Bluetooth. Bluetooth merupakan fitur wajib yang harus tertanam dalam sebuah smartphone. Menggunakan Bluetooth memudahkan kita untuk transfer file tanpa kabel dengan pengguna gadget lain secara cepat dan praktis.  Komputer jinjing pun kini nyaris semuanya sudah dilengkapi dengan fitur Bluetooth.

Bila memang menggunakan Bluetooth, maka kami rasa Anda sudah cukup familiar dengan caranya, karena menggunakan Bluetooth melalui komputer melalui tahap yang sama seperti menggunakannya melalui ponsel.Tetapi bagaimana jika komputer Anda tidak memiliki fasilitas Bluetooth? Ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu dengan menggunakan FTP Server.

2. Menggunakan FTP Server

FTP Server adalah nama sebuah aplikasi yang memudahkan kita untuk bertukar file dari Android ke komputer. Bagaimana cara transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel menggunakan aplikasi ini? Untuk itu pertama kita akan membutuhkan smartphone dan komputer yang sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Pastikan dahulu kita telah mengunduh aplikasi FTP Server dari Google PlayStore. Setelah kita mengunduh dan menginstall aplikasi ini, barulah kita dapat mengikuti petunjuk transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel berikut :

  1. Jalankan aplikasi FTP Server pada Android Anda

Setelah Anda menjalankan aplikasi tersebut, Anda akan dibawa pada tampilan utama dan Anda akan menemukan icon tombol Power pada layar. Tekan icon tersebut, maka di layar akan tampil alamat FTP ponsel Anda.

  1. Buka Browser dan Ketik Alamat FTP

Sekarang, jalankan browser pada komputer Anda yang sudah terhubung dengan WiFi. Ketikkan alamat FTP pada address bar, maka Anda akan mendapatkan tampilan folder-folder pada smartphone Anda.

  1. Ambil File yang Ingin Ditransfer Anda sekarang dapat memindahkan file mana saja dari ponsel Android ke komputer Anda. Jika sudah selesai Anda tinggal mematikan aplikasi FTP Server dengan menekan kembali icon tombol Power hingga alamat FTP tidak muncul lagi pada layar.

3. Menggunakan Cloud Storage

Anda bisa memanfaatkan media penyimpanan berbasis awan untuk memindahkan file dari ponsel ke komputer Anda tanpa kabel. Biasanya, cloud storage memiliki fitur sinkronisasi dengan seluruh perangkat keras yang Anda miliki. Sehingga, Anda bisa mengirimkan file dari ponsel Anda ke media penyimpanan tersebut kemudian Anda akses melalui komputer Anda. Ada banyak cloud storage yang bisa Anda, seperti Dropbox dan Google Drive.

4. Menggunakan AirDroid

Ini juga merupakan aplikasi untuk transfer file mudah dari Android ke PC. Dengan menginstal AirDroid di smartphone maupun di PC Anda bisa melakukan transfer file dari smartphone ke komputer maupun sebaliknya. Selain itu, Anda juga bisa menerima notifikasi pada komputer seperti yang Anda terima di ponsel Anda.

Empat alternatif di atas merupakan tips transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel yang dirasa cukup simpel dan mudah untuk dipraktekkan. Anda bisa mencoba sendiri cara mudah transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel ini saat Anda tidak dapat menemukan kabel data Anda dimana-mana. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY