Ups, Aplikasi Ini Ternyata Buat Performa Smartphone Lemot

Ups, Aplikasi Ini Ternyata Buat Performa Smartphone Lemot

309
0
SHARE

Memiliki perangkat smartphone dengan performa yang cepat dan lancar sudah tentu menjadi impian bagi seluruh penggemar gadget di seluruh dunia. Para pengembang gadget smartphone pun saling berlomba-lomba untuk menciptakan produk smartphone dengan kapasitas RAM besar untuk mengakomodasi kebutuhan para pengguna setia smartphone. Tapi ternyata penyebab di balik lemotnya smartphone tak hanya bergantung dari kapasitas RAM, namun juga dari aplikasi yang terinstall di dalam smartphone Anda.

Pertanyaannya, aplikasi apa saja yang mengakibatkan smartphone Anda jadi lemot? Tentunya sudah tak mengherankan jika Anda menginstall banyak aplikasi smartphone dalam gadget Anda. Sehingga akan sulit untuk menentukan mana saja aplikasi yang  memperlambat performa smartphone Anda. Kebanyakan orang menganggap aplikasi dengan bobot file yang berat-lah penyebabnya. Walaupun memang benar, ternyata ada aplikasi berbobot ringan yang justru tanpa disadari memakan space RAM yang terlalu banyak. Apa saja?

  • Aplikasi Battery Saver

Ada berapa banyak dari Anda yang menggunakan aplikasi ini? Aplikasi Battery Saver memang termasuk aplikasi yang paling sering diunduh oleh banyak pengguna smartphone. Tujuannya tak lain adalah sebagai pembantu indikator persentase baterai yang tersisa.

Namun siapa yang menyangka kalau ternyata aplikasi ini justru dapat membebani performa RAM pada smartphone Anda? Proses operasi dari aplikasi ini ternyata cukup berat sehingga berpotensi mengakibatkan tak hanya smartphone jadi lemot tapi juga memakan daya baterai yang cukup besar. Ironis ya?

  • Aplikasi Anti-Virus

Aplikasi anti-virus memang sangat dibutuhkan, karena virus bukan hanya menjadi ancaman bagi pemilik perangkat gadget laptop atau komputer desktop. Virus-virus yang bertebaran di dunia maya juga dapat menyelinap masuk ke dalam mesin smartphone dan mengakibatkan kerusakan. Tapi karena aplikasi ini berjalan secara otomatis di balik  background, jangan heran jika smartphone Anda seringkali menjadi lemot. Sangat disarankan untuk menginstall cukup satu antivirus saja untuk mencegah beban RAM yang terlalu berat.

  • Aplikasi Peramal Cuaca

Buat Anda yang sering bepergian, aplikasi weather forecast memang sangat dibutuhkan untuk memperkirakan cuaca selama perjalanan. Aplikasi perkiraan cuaca di Google Store atau Apple Store pun tak terhitung banyaknya. Tapi daripada menginstall aplikasi tersebut dari App Store, ada baiknya jika Anda menggunakan aplikasi cuaca bawaan yang sudah pasti ada di dalam smartphone Anda. Bukankah fungsinya pada akhirnya pun akan sama saja?

Semoga informasi di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan saat mengunduh aplikasi untuk smartphone Anda.

LEAVE A REPLY