Adobe Merilis Lightroom CC Berbasis Cloud

Adobe Merilis Lightroom CC Berbasis Cloud

33
0
SHARE

Teknonetwork – Seiring dengan lagi maraknya tren fotografi yang semakin mengarah pada perangkat mobile yang bisa diakses dimanapun dengan penyimpanan di awan atau yang biasa disebut cloud storage, Adobe memperkenalkan fitur baru yang ada di Photoshop Lightroom CC. CC sendiri singkatan dari Creative Cloud.

Pembaruan ini untuk aplikasi berbasis cloud nantinya berguna untuk membuat semua file dapat diakses dimanapun oleh aplikasi cloud ini. Adobe sendiri menawarkan penyimpanan data di awan hingga kapasitas 1TB, sehingga memungkinkan untuk mempermudah mentransfer langsung pekerjaan grafis dengan perangkat lainnya.

Saat ini tampilan Ligthroom CC berubah derastis menjadi simple. Banyak menu bar yang dihilangkan seperti Library, Develop dan lainnya. Kini menu bar yang tertinggal hanya My Photos dan Edit saja. Tak hanya itu pengkategorian foto juga mengalami penyerdehanaan. Secara otomomatis foto dikelompokan dalam album-album dengan tag tertentu yang diatur oleh algoritma yang bernama Adobe Sensei yang cacra kerjanya sama dengan Google Photos.

Lightroom CC yang berbasis cloud ini dapat diakses dari 3 aplikasi perangkat berbeda sekaligus yaitu dekstop, mobile dan web. Dengan demikian pengguna bebas menggunakan fitur yang sama dalam beberapa perangkat yang berbeda. Apapun yang dilakukan dengan Lightroom CC akan secara otomatis tersinkronisasi di cloud. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bekerja mengedit foto dari berbagai macam perangkat dimanapun berada.

Berbarengan dengan pembaruhan pada Lightroom CC, Adobe mengumumkan akan berhenti memberi support pada Lightroom terdahulunya yaitu Lightroom 6 yang merupakan aplikasi diluar paket Adobe Creative Cloud. Dan perangkat lawasnya ini untuk updatennya juga akan diberhentikan di tahun 2018 setelah update-an terakhirnya di bulan November tahun 2017.

Untuk mendapatkan aplikasi ini pengguna bisa memlih berlangganan Adobe Photography Plan. Ada beberapa paket langganan yang ditawarkan, mulai dari Lightroom CC Plan yang dibandrol 10 dollar AS per bulan yang diantaranya ada Lightroom CC dengan kapasitas penyimpanan cloud 1 TB hingga Creative Clouds All Apps Plan yang menyertakan semua software Adobe dan cloud storage 100 GB seharga 50 dollar AS per bulan.

Ada opsi lain untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan foto di cloud sebesar 2 TB, 5 TB, atau 10 TB yang masing-masing dibanderol 20 dollar AS, 50 dollar AS, dan 100 dollar AS per bulan. Dengan paket tersebut apakah agan tertarik untuk berlangganan Adobe?

LEAVE A REPLY