Hati-Hati, Ini Aplikasi Smartphone Berbahaya!

Hati-Hati, Ini Aplikasi Smartphone Berbahaya!

2229
0
SHARE

Smartphone dan aplikasi sudah menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Jika tidak ada smartphone, kita tak bisa mengunduh aplikasi. Begitu sebaliknya, untuk mengunduh aplikasi, kita membutuhkan smartphone. Namun sayangnya, di era sekarang ini sangat sulit untuk memfilter sesuatu. Ternyata ada juga aplikasi smartphone berbahaya yang seharusnya tak perlu diunduh.

Meski begitu masih banyak orang yang mengunduh aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut. Biasanya aplikasi yang berbahaya ada beberapa ciri. Biasanya aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store, proses instalasinya terdetek antivirus, dan deskripsi tidak jelas. Namun ternyata di Google Play Store juga ada beberapa aplikasi yang berbahaya. Apa saja ya kira-kira?

Snapchat

Sama halnya dengan media sosial pada umumnya, Snapchat bisa memudahkan penggunanya untuk mengakses konten yang dipublikasikan. Bahkan di wilayah tertentu, aplikasi ini banyak digunakan, sehingga menjadi sasaran empuk penjahat siber. Di tahun 2014 saja, Snapchat mengalami peretasan sejumlah foto pribadi dipublikasikan.

Abu Moo

Publisher bernama Abu Moo ini merilis total enam aplikasi yang masing-masing dibanderol dengan harga Rp 5,5 juta. Aplikasi ini sebenarnya sama sekali tidak berguna, karena Anda hanya akan mendapatkan widget bergambar batuan.

Ashley Madison

Jangan sekali-kali menginstal aplikasi ini jika Anda sudah memiliki pasangan. Aplikasi ini akan menuntun Anda mendapatkan selingkuhan. Benar-benar berbahaya, nih!

Tinder

Fungsinya mirip dengan Ashley Madison yang merupakan aplikasi pencarian jodoh secara online. Tinder menjadi aplikasi online terbesar di dunia. Namun juga berbahaya untuk berkenalan dengan orang asing dan hanya bermodal foto yang belum tentu kebenarannya.

Wikileaks

Wikileaks adalah media massa internasional yang mengungkapkan dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan kepada publik melalui situs webnya. Menariknya, sekarang Wikileaks hadir dalam format aplikasi. Jika Anda berani meng-install aplikasi ini dan tidak bijak dalam menggunakannya, bisa-bisa Anda malah terjerat hukum pidana karena mencuri informasi. Serem, kan?

Itulah beberapa aplikasi yang ternyata juga bisa membahayakan. Daripada salah menggunakannya sebaiknya tak perlu diinstal.

LEAVE A REPLY