Ini Cara Menon-aktifkan Fitur Power Throttling Pada Windows 10

Ini Cara Menon-aktifkan Fitur Power Throttling Pada Windows 10

173
0
SHARE

Windows 10 adalah seri Windows terbaru yang cukup rutin memperoleh update, salah satunya adalah update 1709 Fall Creators Update. Setelah Anda mengupdate perangkat laptop Anda, nantinya Anda akan mendapatkan berbagai macam fitur Windows terbaru salah satunya adalah fitur power throttling. Fitur tersebut sangat populer dan merupakan salah satu fitur yang paling disukai oleh para pengguna Windows 10.

Fitur Power Throttling yang tertanam di dalam sistem Windows 10 memungkinkan performa laptop menjadi maksimal dengan membantu mengurangi beban aplikasi yang berjalan di latar belakang yang umumnya dilakukan oleh Anda yang gemar ber-multitasking. Dengan kata lain, fitur Power Throttling ini tak hanya mencegah mesin laptop menjadi panas dan lemot tapi juga membantu memperpanjang usia baterai. Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui fitur ini sudah bekerja pada laptop Anda sekaligus bagaimana cara menon-aktifkannya?

Untuk melihat apakah fitur ini sudah bekerja pada Windows 10 Anda, Anda pertama-tama perlu membuka Task Manager dan membuka tab Detail. Selanjutnya klik kanan, Select Columns, dan perhatikan kotak kecil yang terdapat di bagian samping tulisan Power Throttling. Dari sanalah Anda dapat mengetahui fitur tersebut sudah aktif atau belum.

Selanjutnya untuk menon-aktifkan atau justru mengaktifkan fitur satu ini ternyata sangatlah mudah. Anda cukup menggeser mode daya baterai ke “Battery Saver” atau “Better Battery”. Dengan melakukan langkah sederhana tersebut akan membuat fitur Power Throttling langsung berjalan di dalam sistem. Begitu juga sebaliknya, untuk mematikan fitur ini Anda hanya perlu menggeser slider tersebut ke arah opsi “Best Performance” yang secara otomatis akan menaikkan Power Throttling.

Walaupun fitur ini secara langsung sudah terinstalasi di dalam sistem Windows 10, Anda baru bisa mengaktifkan fitur ini apabila baterai fisik laptop dalam keadaan terpasang. Saat baterai Anda terhubung dengan pengisi daya, maka secara otomatis fungsi dari Power Throttling ini akan langsung non-aktif.

Bagaimana jika Anda ingin menyetting fitur Power Throttling secara manual? Untungnya cara tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, buka Settings, kemudian pilih opsi System > Battery.

Tepat di bawah judul Overview, klik opsi Battery usage by app. Nantinya daftar aplikasi akan muncul di layar. Anda hanya perlu memilih salah satu dari aplikasi yang ingin Anda aktifkan maupun non-aktifkan pada opsi Power Throttling. Centang kotak dengan pilihan opsi “Let Windows decide when this app can run in the background”. Selanjutnya hapus centang pada opsi kotak “Reduce the work the app can do when it’s in the background”.

Mudah kan? Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY