Terbongkar Alasan Apple Tarik Telegram

Terbongkar Alasan Apple Tarik Telegram

390
0
SHARE

Minggu lalu Apple sempat menghebohkan dunia smartphone. Ini karena Apple sempat menghapus Telegram dari App Store. Mengapa Apple menghapus aplikasi Telegram dari App Store? Rupanya hal tersebut karena Apple mendapatkan laporan dari para penggunanya bahwa ada konten yang kurang pantas didistribusikan pada platform pesan instan tersebut.

Tak butuh waktu lama setelah Apple tarik Telegram, sang kreator Telegram, Pavel Durov, langsung memberikan pernyataan. Pihaknya menyebutkan bahwa dirinya juga berencana untuk mengimplementasikan perlindungan yang akan mencegah konten tidak pantas didistribusikan dari aplikasi.

Durov juga mengatakan bahwa masalah tersebut sudah diselesaikan dan Telegram akan kembali mejeng di perangkat Apple kembali. Meski sempat hilang, aplikasi pesan instan ini masih bisa didownload melalui Mac dan juga perangkat Android.

Apple pun mengklarifikasi konten tidak pantas seperti apa hingga pihaknya harus mendepak Telegram untuk sementara. Apple juga menjelaskan bahwa sebuah aplikasi di App Store tidak boleh mengandung informasi yang menyerang, tidak sensitif, dan dibuat dengan niat merusak. Menurut perwakilan dari Apple yang memberikan pernyataan pada para pengguna Telegram melalui email, bahwa Telegram versi iOS mendistribusikan konten pornografi anak dan tuduhan tersebut terbukti akurat.

Sebelum bermasalah dengan Apple, Telegram juga sempat menimbulkan beberapa kontroversi. Tahun lalu, aplikasi ini sempat di blokir di Indonesia karena dianggap sebagai sarana komunikasi teroris. Bahkan Durov sampai datang ke Indonesia untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan menggunakan fitur end-to-end, percakapan dalam aplikasi ini dianggap sangat aman dan tidak dapat dibuka oleh siapapun kecuali pengirim dan penerima. Padahal fitur enskripsi tersebut juga sudah dibenamkan pada Facebook dan WhatsApp.

Tidak hanya Telegram, versi lain dari aplikasi pesan instan ini yaitu Telegram X juga dikabarkan menghilang bersamaan dengan Telegram. Telegram X adalah aplikasi alternatif dari Telegram yang dibuat dengan bahasa pemrograman Swift. Aplikasi tersebut menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, animasi yang lebih baik, dan penghematan daya baterai.

Namun, kini para pengguna Telegram sepertinya sudah bisa kembali menikmati obrolan mereka melalui aplikasi ini. Ingat, tetap bijak dalam menggunakan teknologi ya!

LEAVE A REPLY