Yuks, Menjelajah Tata Surya Lewat Google Maps

Yuks, Menjelajah Tata Surya Lewat Google Maps

147
0
SHARE
google maps

Mungkin kalian berandai-andai bagamaina ya bisa menjelajahi tata surya? Apa harus menjadi astronot terlebih dahulu untuk menjelajahnya? Kini kalian bisa menjelajahnya dengan mudah, walau hanya secara “virtual,” yaitu dengan mengunakan layanan peta Google Maps, kalian sudah bisa menjelajahi seluruh isi permukaan dari Bulan dan planet secara lebih dekat, layaknya kalian menjelajahi seluruh kota yang ada didunia melalui aplikasi tersebut.

 

Yaps! Dewasa ini Google baru saja mengumumkan sebuah update untuk Google Maps yang memungkinkan kamu untuk menjelajahi beberapa planet termasuk bulan di tata surya milik kita. Terdapat 12 pilihan planet dan satelit yang dapat dijelajahi. Beberapa di antaranya, seperti Mars, Venus, Pluto, dan Titan.

 

Google Maps memanfaatkan data yang dihimpun oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan European Space Agency (ESA) selama bertahun-tahun kemudian dipetakan dalam satu tempat. Teknologi yang digunakan memanfaatkan dukungan Google Chrome untuk WebGL, CSS3D dan Web Audio. Tidak hanya visualisasi yang spesial tetapi musik yang disediakan juga, yang merupakan ciptaan dari Sam Hulick, komposer dari Mass Effect.

 

Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengetahui bagaimana dinginnya satelit Enceladus dan Europa yang berselimut es. Pengguna juga bisa melihat planet kerdil Ceres yang terletak jauh dari sabuk asteroid planet Mars. Memang tidak terlalu mendetail seperti pemetaan Google Maps di Bumi, namun cukup untuk memberi gambaran secara garis besar mengenai rupa planet itu.

 

Google Maps tidak hanya mengajak Anda jalan-jalan ke tata surya. Ia juga menawarkan  untuk berkunjung ke stasiun luar angkasa internasional atau ISS. ISS merupakan tempat penelitian dan pengamatan yang merupakan gabungan dari 16 negara termasuk Amerika Serikat, Rusia dan Uni Eropa. Anda akan diperkenalkan dengan alat-alat di dalam ISS.

Foto-foto interior ISS belakangan ditambahkan ke layanan jelajah dunia tersebut oleh Google. Seperti Street View di Bumi, foto-foto ISS disajikan dalam format panorama 360 derajat. Pengguna bisa melihat ke semua arah dengan menggerakkan kursor. Tur virtual Street View mencakup seluruh bagian ISS yang bisa ditinggali manusia dan interior dari dua pesawat luar angkasa komersil, yakni ATK Cygnus dan SpaceX Dragon.

 

Buat kalian yang tertarik dengan dunia luar angkasa, kalian dapat menikmati pemandangan tersebut melalui Google Maps melaui browser PC. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY