App World BlackBerry – Berapa Sih Jumlah Aplikasi Di AppStore BlackBerry?

App World BlackBerry – Berapa Sih Jumlah Aplikasi Di AppStore BlackBerry?

1452
0
SHARE
Blackberry-AppStore

App World Blackberry – Ada hal yang unik di toko aplikasi dan game Blackberry atau BlackBerry App World. Dari 120.000 koleksi yang ada, sepertiga diantaranya ternyata dari satu ‘sumber’ yang sama. Ya, Blackberry dibanjiri 47.000 aplikasi yang berasal dari satu developer.

Pada bulan Mei lalu Thorsten Heins, CEO Blackberry berujar jika BlackBerry App World kini miliki jumlah koleksi aplikasi capai 120 ribu buah. Namun sepertinya ia khilaf dengan tak menyebut detail aplikasi yang ada.

Sementara itu pengembang yang dimaksud adalah S4BB. Dikutip dari Telegraph, rata-rata aplikasi yang ada berjenis city guide, audio book, phrasebook, dan sejenisnya. Jika dibandingkan dengan jumlah aplikasi di Windows Phone, sejatinya BlackBerry App World kalah jauh.

Windows Phone Marketplace miliki koleksi sekitar 150.000 aplikasi. Jika jumlah koleksi BlackBerry App World dikurangi 47.000 dari besutan S4BB maka total hanya miliki sekitar 73.000 aplikasi.

Menanggapi temuan yang ada, Blackberry menjelaskan jika pihak pengembang miliki sejumlah cara yang berbeda untuk monetisasi. BlackBerry App World adalah pasar terbuka dan kekuatan pasar yang menentukan keberhasilan bisnis pengembang.

S4BB sendiri adalah developer yang berbasis di Hongkong. Untuk timnya sendiri diisi oleh anak-anak muda dan S4BB memang menfokuskan diri pada aplikasi Blackberry khusunya di sistem operasi Blackberry 10.

Aplikasi yang ada di BlackBerry World boleh kalah banyak dari Apple App Store dan Google Play Store, namun tidak untuk soal kecepatan pertumbuhan awalnya.

Hal ini disampaikan oleh Vice President Developer Relations and Ecosystem Alec Saunders di pesta developer BlackBerry Jam Asia 2013, Kamis (26/9/2013).

Saunders mengklaim, 7 bulan pertama sejak diluncurkan sekitar 131.000 aplikasi BlackBerry 10 langsung menambah koleksi App World.

Ia membandingkan, pada periode awal yang sama Apple hanya menghasilkan 17.500 aplikasi iOS dan Android hanya punya 2.908 aplikasi Android.

Klaim petinggi BlackBerry ini boleh jadi benar, namun sepertinya kurang adil jika membandingkan pertumbuhan jumlah aplikasi di tahun 2013 dengan 2008. App Store dan Google Play Store (waktu itu bernama Android Market) pertama kali hadir pada tahun 2008, di saat industri aplikasi mobile belum “semeriah” dua tahun terakhir ini.

BlackBerry boleh mengklaim paling cepat “sprint” di tujuh bulan pertama, tapi untuk jumlah keseluruhan aplikasi yang tersedia App Store dan Play Store jauh lebih unggul.

“Saat ini, total terdapat 256.668 aplikasi BlackBerry World, 131.708 aplikasi diantaranya adalah untuk BB10,” ujar Saunders.

Sebagai perbandingan, saat ini Apple App Store memiliki sekitar 900.000 aplikasi untuk gadget iOS dan Google Play Store ada sekitar 800.000 aplikasi Android.

Saunders sepertinya hanya ingin menunjukkan betapa tingginya animo developer dalam mengembangkan aplikasi sistem operasi mobile paling “bungsu”, BlackBerry 10.

LEAVE A REPLY