Ajaibnya Smartwatch Bikin Berhenti Merokok!

Ajaibnya Smartwatch Bikin Berhenti Merokok!

206
0
SHARE

Hingga hari ini, merokok menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk dihentikan. Mungkin banyak di antara perokok yang memang ingin mengurangi hingga menghentikan kebiasaan buruk yang merugikan tersebut, namun entah apa yang membuat mereka begitu sulit melakukannya. Di era digital seperti sekarang ini, tak perlu panik jika Anda tak bisa mengurangi kebiasaan merokok. Telah diciptakan sebuah teknologi smartwatch bikin berhenti merokok yang bisa jadi solusi dari masalah Anda selama ini.

Perangkat ini bernama SmokeBeat yang dibuat oleh Somatix. SmokeBeat rupanya punya kemampuan untuk menghentikan Anda merokok secara real-time. Bagaimana cara kerjanya? Ternyata SmokeBeat memiliki kemampuan untuk mendeteksi aktivitas merokok berdasarkan dengan gestur mulut para penggunananya.

Hal tersebut dikarenakan dukungan sensor yang ditanam di dalamnya. Tersimpan juga data pengguna yang akan dikirim langsung ke aplikasi. Sensor tersebut akhirnya bisa membedakan gestur tangan ke mulut yang berbeda. Mulai dari makan, mencukur, hingga menggigit jari.

SmokeBeat juga mengumpulkan data riwayat tentang jumlah rokok pengguna dalam sehari, biaya membeli rokok, waktu yang dihabiskan untuk merokok, dan bagaimana kebiasaan mereka dapat berubah dari waktu ke waktu. Bahkan hebatnya lagi, SmokeBeat mampu mendeteksi hingga 80% aktivitas merokok dalam sebuah uji coba.

Dengan fitur dan kemampuannya, SmokeBeat bisa membuat penggunanya mengurangi kebiasaan merokok secara signifikan. Namun, tak hanya smartwatch yang bisa bikin berhenti merokok yang menghebohkan jagat teknologi di tahun 2017 hingga awal 2018 ini.

Berita tentang puing stasiun luar angkasa Tiongkok yang akan jatuh ke Bumi pada Maret 2018 mendatang juga menghebohkan jagat teknologi. Tidak diketahui kapan tepatnya dan dimana Tinagong akan jatuh. Tiangong merupakan stasiun luar angkasa yang ukurannya cukup besar. Beratnya berkisar 9.500 kg dan memiliki banyak komponen.

Astronom memprediksi 10 – 40 persen bagian dari bangkainya akan memasuki atmosfer. Jika dihitung sekitar 1 – 4 ton puing (debris) akan mendarat di Bumi.

Itulah dua hal yang menghebohkan dunia teknologi di awal tahun 2018 ini. Namun, smartwatch yang bisa bikin berhenti merokok jadi yang paling dicari oleh netizen dan pecinta gadget.

LEAVE A REPLY