Baterai Smartphone Tak Bisa Di-charge? Ini Solusinya!

Baterai Smartphone Tak Bisa Di-charge? Ini Solusinya!

2919
0
SHARE
Baterai Smartphone Tak Bisa Di-Charge? Ini Solusinya!

Baterai smartphone- Pernahkah Anda mengalami kejadian yang mana baterai smartphone tiba-tiba tidak bisa di-charge? Apa yang terlintas dalam benak Anda saat itu? Hal terburuk yang terlintas dalam kepala pastinya adalah mengganti baterai smartphone.

Masalahnya, bagaimana kalau baterai smartphone kesayangan mengusung¬†non-removable battery? Tentunya urusan mengganti baterai smartphone akan menjadi lebih “runyam” karena Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Tenang, jangan keburu panik dulu. Yuk intip dulu “tindak penyelamatan” baterai gadget!

5 langkah penyelamatan baterai smartphone

1. Restart smartphone

Langkah awal penyelamatan baterai smartphone adalah dengan me-restart gadget Anda. Adanya masalah yang muncul pada handset akan kembali normal begitu Anda memutuskan untuk me-restartnya. Hal ini terjadi lantaran adanya peluang sistem error di dalam perangkat.

2. Cek kabel USB

Kendala baterai smartphone mogok saat di-charge berikutnya adalah adanya masalah pada kabel USB. Bisa jadi kabel USB bawaan smartphone Anda rusak sehingga harus membeli kabel baru. Namun, ingat ya, pastikan pula untuk membeli kabel USB asli agar tetap awet dan tidak berbahaya saat digunakan.

3. Cek power adaptor

Nah, bila Anda men-charge gadget dengan menggunakan power adaptor tapi baterai smartphone tak kunjung penuh juga, bisa jadi power adaptor Anda-lah yang bermasalah. Cobalah untuk menyambungkan daya smartphone dengan menggunakan power adaptor lainnya, bila indikator baterai berjalan dan berhasil penuh, maka segera ganti power adaptor lama.

4. Cek port USB

Bila ketiga jurus mengatasi baterai smartphone mati tersebut tak kunjung berhasil, barangkali port USB Anda-lah yang sedang mengalami kerusakan. Anda juga bisa mengeceknya dengan cara mencolokkan perangkat USB lain ke komputer Anda dan amati apakah berhasil terdeteksi atau tidak.

5. Kunjungi customer service

Jika setelah melakukan semua upaya mengatasi baterai samrtphone mati tersebut masih tak kunjung berhasil, bisa jadi gadget Anda perlu dibawa ke customer service untuk dilakukan “pemeriksaan” lebih mendalam dan untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Nah, itulah tips menyelamatkan baterai smartphone yang bisa dipraktikkan bila tiba-tiba handset tidak bisa di-charge. Namun, bila Anda saat ini kondisi baterai smartphone masih baik-baik saja, kelima tips menyelamatkan baterai samrtphone tersebut dapat menjadi wacana yang suatu saat dapat berguna.

LEAVE A REPLY