Google Clips, Kamera Pintar Tanpa Ditekan

Google Clips, Kamera Pintar Tanpa Ditekan

161
0
SHARE

Google kembali akan merilis gadget terbarunya. Kali ini dalam lini kamera. Google membantu masyarakat untuk lebih mudah mengabadikan momen melalui Google Clips. Kamera ini akan diluncurkan pada 27 Februari mendatang. Gadget terbaru milik Google ini pun memiliki kecerdasan buatan yang bisa membuat perhitungan kapan harus memotret.

Clips adalah kamera mungil berbentuk persegi. Di permukaan bodinya hanya ada lensa dan tombol shutter, tanpa layar atau viewfinder untuk membidik gambar seperti yang ada pada kamera digital. Clips memang tidak membutuhkan layar. Bahkan tombol shutter pun sebenarnya tak perlu karena kamera ini merekam video secara otomatis.

Begitu dinyalakan (dengan memutar lensa) dan ditaruh di suatu tempat, Clips akan mulai mengamati keadaan di depannya dengan lensa ultra-wide berbidang pandang selebar 130 derajat.

Teknologi kecerdasan buatan (AI) di dalamnya akan berusaha mengenali wajah orang dan ekspresi seperti senyuman, lalu menilai sendiri kapan situasi yang tepat untuk menjepret foto atau merekam video, misalnya saat ada anak-anak yang tertawa di tengah permaianan.

Clips mampu mengenali wajah orang, bahkan juga binatang peliharaan seperti anjing dan kucing. Semakin lama dipakai, Clips akan “belajar” mengenali siapa saja penghuni rumah serta apa saja binatang peliharaan di dalamnya.

Sang kamera pintar lantas akan memprioritaskan penghuni rumah dalam merekam momen, dibanding orang lain seperti tetangga yang kebetulan berkunjung dan terlihat oleh Clips.

Clips merekam video dalam format klip pendek berdurasi 7 detik. Ia juga mampu menjepret 15 frame foto dalam satu detik, lalu memilih yang paling stabil dan jelas untuk disimpan. Penyimpanan internal 16 GB ikut disediakan, berikut koneksi USB-C, Wi-Fi Direct, dan Bluetooth untuk tersambung ke smartphone.

Hanya saja ada kekurangan dari kamera pintar milik Google. Clips tidak mudah untuk diposisikan dan memiliki daya tahan baterai yang rendah.

LEAVE A REPLY