Mencengangkan, Seperti Ini Penggunaan Gadget Di China


Ketika mendengar kata China, yang terlintas di pikiran adalah negara penghasil smartphone paling murah. Sebut saja Xiaomi yang berhasil “merusak” harga pasar ponsel pintar dengan kecanggihan fitur dan spesifikasinya. China memang salah satu negara produksi smartphone terbesar di dunia.

Sebagai produsen smartphone terbesar di dunia tentu mempengaruhi budaya dan tren di sana. Hal tersebut bahkan berbeda dengan negara-negara lainnya. Bahkan ada kebiasaan para pengguna Android yang tidak akan ditemukan di negara lain. Begini fakta-faktanya.

Pengguna WhatsApp dan Facebook sangat sedikit

Mungkin sebagian besar masyarakat di negara lain merasa tak bisa hidup tanpa dua aplikasi ini. Namun tidak demikian di China. Pemerintah di sana sangat berhati-hati dengan kedua layanan tersebut. Pemerintah bahkan memiliki aplikasi pengganti. Facebook diganti dengan QQ dan WhatsApp diganti dengan WeChat. Ada juga aplikasi lain seperti Uber yang diganti DiDi, Twitter diganti Weibo, dan Google diganti dengan Baidu.

Xiaomi merajai pasar smartphone

Jika di negara-negara lain Apple dan Samsung merajai pasar smartphone. Tidak di China. Negeri Tirai Bambu tersebut mempercayai Xiaomi. Bahkan Xiaomi tidak hanya memproduksi ponsel. Ada juga gadget lain seperti sikat gigi, pembersih air dan udara, sepatu, sensor, lampu pintar, laptop, smartwatch, ransel, jaket, payung, dompet, hingga jas hujan.

QR Code sangat populer di China

QR kode merupakan sebuah hal yang umum di negara China, bahkan kode ini sangat penting bagi perekonomian bangsa China. Kenapa? Karena hampir seluruh fasilitas umum di China telah menggunakan QR kode untuk sistem pembayarannya. Mulai dari pembayaran bus, makanan, transfer uang, dan masih banyak lagi.

Jarang memakai kartu kredit

Hampir semua restoran di China selalu menggunakan QR Code untuk sistem pembayarannya. Jadi di sana kartu kredit seperti tidak memiliki fungsi berarti. Untuk membayar makan, tiket bus, jalan tol, bahkan vending machine semua hanya butuh smartphone.

Lembaga keuangannya bukan hanya bank

untuk warga China, dimana layanan "Pay" seperti AliPay, WeChatPay dan perusahaan lainnya berperan besar bagi kehidupan mereka. Karena dengan kedua aplikasi tersebut mereka bisa melakukan segalanya dalam hal pembayaran baik online maupun offline. Mereka bisa melakukan belanja online, memesan makanan, mentransfer uang ke orang lain, bahkan membayar tagihan dengan kedua aplikasi tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Mencengangkan, Seperti Ini Penggunaan Gadget Di China"