Benarkah Jaringan 5G Siap Meluncur Tahun Ini?

Benarkah Jaringan 5G Siap Meluncur Tahun Ini?

127
0
SHARE

Berita baik sepertinya banyak datang di awal tahun ini. Sekarang giliran jaringan 5G siap meluncur tahun ini. Setelah beberapa tahun terakhir kita telah menikmati jaringan 4G yang dianggap sangat stabil dan cepat, tahun ini 5G akan mengalahkan versi jaringan di bawahnya. Salah satu operator yang akan pertama kali menggunakan jaringan ini adalah AT&T. Ini adalah operator asal Amerika Serikat. Mereka akan meluncurkannya tahun ini juga.

AT&T berencana meluncurkan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile di akhir tahun 2018. Jaringan ini akan tersedia untuk pengguna di 12 kota Amerika Serikat. Namun operator ini masih menunggu sertifikasi industri yang baru.

Namun mereka bukan satu-satunya, ada beberapa operator lain yang juga akan menggunakan 5G di tahun 2019 mendatang. Ada juga operator T-mobile yang juga berencana akan menyediakan 5G pada operatornya di tahun 2020. Standart hardware baru untuk 5G sendiri sudah diputuskan oleh para anggota 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Mereka berencana akan melakukan debut pada awal tahun ini dan persetujuan atas spesifkasi Non-Stadalone (NSA) 5G New Radio (NR) ini mebuka pintu untuk banyak pihak.

Sementara itu salah satu perusahaan yang mendorong adanya jaringan 5G ini ialah Qualcomm. Perusahaan ini bahkan telah memamerkan desain smartphone 5G perdananya. Meskipun belum resmi, setidaknya memberikan gambaran jika smartphone akan mengikuti tren yang tengah populer dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

Lalu apa saja keunggulan dari jaringan 5G ini? Tentunya internet yang lebih cepat dan para penggunanya akan lebih terkoneksi secara real-time. Para pengguna bisa melakukan live video dengan perbedaan waktu yang presisi. Ini bisa bermanfaat untuk berbagai hal seperti meeting, pitching ide, dan juga berkomunikasi dengan orang terdekat.

Di tahun 2020, 90% masyarakat global dengan usia di atas 6 tahun akan memiliki ponsel. Ini bisa jadi ancaman bagi para pebisnis yang tidak mengembangkan usaha mereka ke arah mobile. Apalagi anak-anak muda sangat aktif untuk mencoba hal baru.

Hal-hal lainnya yang akan terjadi antara lain, koneksi internet akan lebih banyak nirkabel, konten digital akan dibawa ke dunia nyata, lapangan pekerjaan semakin luas karena banyak bisnis yang bergerak secara mobile, dan aplikasi-aplikasi baru tak terduga akan muncul.

Jadi semakin tidak sabar ya menanti peluncuran jaringan 5G di Indonesia.

LEAVE A REPLY