Ini Alasan Google Hapus Fitur View Image


Kabar mengejutkan kembali datang dari dunia teknologi dan internet. Google membuat keputusan yang membuat masyarakat marah, karena telah menghapus fitur view image di mesin pencarian gambar mereka. Tak sedikit orang merasa kesulitan mendownload foto tanpa adanya fitur tersebut.

Raksasa mesin pencarian tersebut menghapus fitur view image atau tampilan gambar pada Kamis (15/2/2018). Pernghapusan fitur paling populer tersebut bukan tanpa alasan. Mereka mengaku hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari solusi secara hukum dan legal.

Lalu bagaimana masyarakat bisa mendownload gambar yang mereka butuhkan? Anda bisa beralih pada fitur visit web atau pergi ke halaman web untuk bisa menyimpan gambar. Fitur tampilan gambar rupanya telah lama membuat para fotografer dan penerbit geram.

Pasalnya pekerjaan yang mereka lakukan dicuri begitu saja oleh banyak orang melalui mesin pencarian Google. Mereka merasa bahwa hak cipta mereka diambil seenaknya dan Google memfasilitasi hal tersebut.

pengguna masih tetap bisa melihat kumpulan gambar-gambar yang sedang dicari di Google, namun ketika ingin mengklik gambar tersebut pengguna sudah tidak bisa lagi langsung menyimpannya, karena Google akan mengarahkan ke situs gambar itu berasal.

Hal ini sepertinya bisa menyulitkan pengguna yang sering mencari dan menyimpan gambar di Google, sebab banyak situs yang tidak mengizinkan mereka untuk menyimpan gambar alias dikunci.

Sebaliknya, dihilangkannya tombol View Images menjadi keuntungan bagi para pemilik hak cipta foto karena pengguna akan banyak mengklik halaman situs mereka.

Meski Google telah menghapus tombol tersebut, pengguna yang tak ingin ke situs tersebut masih bisa mengakalinya dengan klik kanan lalu simpan gambar.

Google mengumumkan melalui Twitter telah menghapus salah satu tombol fitur pada halaman pencariannya yakni View Images (melihat gambar).

"Hari ini kami meluncurkan beberapa perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs yang bermanfaat. Ini termasuk menghapus tombol View Images. Tombol Kunjungan tetap ada, sehingga pengguna dapat melihat gambar dalam konteks laman web tempat mereka berada," tulis Google.

author
No Response

Leave a reply "Ini Alasan Google Hapus Fitur View Image"