Ini Cara Akses Google Drive Saat Anda Offline

Ini Cara Akses Google Drive Saat Anda Offline

100
0
SHARE

Salah satu fitur yang menjadi andalan Google dan paling sering digunakan oleh semua Google users adalah Google Drive. Google Drive adalah suatu cloud storage service yang menyediakan ruang penyimpanan data seluas 15 GB untukmasing-masing pengguna Google Mail. Google Drive tak hanya memudahkan penyimpanan dokumen dan data penting, tapi juga memudahkan Anda untuk mengedit dokumen dalam bentuk Google Docs, Google Spreadsheets, hingga slide presentasi dan akan langsung terupdate secara otomatis.

Itulah alasan mengapa Google Drive menjadi andalan bagi hampir semua pegawai kantoran hingga pelaku bisnis. Umumnya fitur ini dapat Anda akses saat Anda terhubung dengan internet, namun ternyata Anda pun dapat mengakses Google Drive secara offline. Bagaimana caranya? Temukan jawabannya di dalam artikel ini.

Agar Anda dapat mengakses dokumen yang tersimpan di dalam Google Drive dalam kondisi offline, pertama-tama Anda harus mengubah setting dari dokumen tersebut agar turut tersedia saat Anda tidak terhubung dengan internet. Lakukan login ke dalam akun Gmail Anda terlebih dulu (tentu saja untuk itu Anda memerlukan konektivitas internet terlebih dulu_. Setelah itu, lakukan instalasi extension dengan nama “Google Docs Online” yang tersedia untuk versi Google Chrome.

Setelah extension tersebut terinstall, buka settings pada Google Drive Anda, atau drive.google.com/drive/settings. Setelah itu berikan tanda centang pada kotak pada bagian “Offline” yang terletak tepat di antara opsi Language dan Density.

Jika Anda ingin ada sinkronisasi antara semua file dari Google Drive dengan komputer Anda, pertama-tama Anda perlu menginstall Backup & Sync. Setelah itu, masuklah ke dalam aplikasi tersebut dengan menggunakan akun Google Anda. Di sini Anda hanya perlu memilih beberapa file yang Anda ingin simpan di dalam Google Drive. Setelah itu, pilih salah satu folder dari MyDrive yang Anda perlukan untuk dapat diakses saat offline. Dengan demikian, secara otomatis file tersebut akan tersimpan di dalam drive C:/Users/Admin/GoogleDrive.

Cara Lihat File Google Drive Secara Offline Lewat Smartphone Android

Anda juga dapat mengakses file di dalam Google Drive melalui smartphone Android  Anda saat offline. Namun sama seperti dengan langkah sebelumnya, Anda perlu terkoneksi dengan internet terlebih dahulu. Pertama-tama, buka aplikasi Google Drive Anda, setelah itu tekan menu tiga titik yang terletak di pojok sebelah kanan dari file yang ingin Anda akses. Pilih opsi “Available Offline” dengan menggeser bar ke sebelah kanan. Sekarang Anda dapat mengakses files tersebut dengan mengakses ospi Menu > Offline dari aplikasi Google di smartphone  Anda.

Selamat mencoba, dan semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY