Simak Bahaya Gunakan Smartphone Sebelum Tidur!

Simak Bahaya Gunakan Smartphone Sebelum Tidur!

156
0
SHARE

Di era smartphone seperti sekarang ini, rasanya hampir semua orang tak bisa lepas dari perangkat pintar tersebut. Sampai-sampai hampir di setiap kegiatan selalu memegang ponsel. Saking kecanduannya, sebelum tidur juga harus mengecek smartphone meskipun tak ada tujuannya. Biasanya orang juga memainkan ponsel mereka sebelum tidur dalam keadaan gelap. Secara logika, jelas kegiatan ini sangat tidak baik jika dilakukan secara terus menerus.

Apakah Anda sadar tentang bahaya gunakan smartphone sebelum tidur? Ketahuilah bahwa cahaya biru yang dipancarkan ponsel sebenarnya berguna untuk membuat nyaman pengguna melihat layar ponsel di bawah terik matahari. Namun jika digunakan dalam keadaan gelap dan sering, akan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Apa saja sih efek negatifnya?

Otak lelah

Ketika bermain ponsel malam hari, seringkali pasti Anda lewat jam tidur karena terlalu asyik. Hal ini membuat otak menjadi lelah dan di hari berikutnya akan membuat Anda tidak berkegiatan dengan baik, karena kurang tidur.

Kerusakan mata

Hal ini seringkali terjadi, ketika mata terlalu lama menatap layar dan terpapar cahaya biru membuat retina mata menjadi tegang. Bahkan jika terlalu lama juga bisa menyebabkan katarak.

Obesitas

Kurang tidur juga menyebabkan terganggunya hormone lain yang mengendalikan rasa lapar. Semakin sering begadang, hormone tersebut akan berupaya untuk memberikan sinyal menambah energy dan muncul rasa lapar. Hal inilah yang membuat resiko obesitas semakin besar.

Gangguan saraf

Kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur hingga menyebabkan kamu kurang tidur akan membuatĀ neurotoxin meningkat. Hingga akhirnya menyebabkan akan sulit kamu mendapatkan tidur yang nyenyak atau biasa disebut tidur berkualitas. Tentu saja bahaya menggunakan hp sebelum tidur ini bisa berakibat ke penyakit serius lainnya.

Depresi

Lebih esktrem lagi, Anda juga bisa mengalami depresi. Hormon melatonin yang diproduksi tubuh yang berfungsi untuk membuat tidur nyenyak, jika terganggu maka membuat Anda kurang tidur. Itulah yang akhirnya membuat depresi muncul.

Itulah lima efek negative yang bisa dirasakan jika terlalu sering bermain ponsel sebelum tidur dan dalam keadaan gelap. Jadi apakah Anda masih akan melakukan hal tersebut?

LEAVE A REPLY