Simak Trik Non-Aktifkan Fluent Design di Windows 10

Simak Trik Non-Aktifkan Fluent Design di Windows 10

81
0
SHARE

Windows memang tidak pernah gagal untuk memberikan kejutan-kejutan menyenangkan yang disisipkan dalam update OS terbaru mereka. Salah satunya adalah update Windows 10 yang membawa berbagai macam fitur keren yang ditujukan untuk meningkatkan user experience selama Anda mengakses tablet atau laptop Anda. Salah satu fitur terbaru dari Windows 10 adalah Fluent Design System, atau Project Neon yang dirilis oleh Windows pada tahun 2017 lalu.

Hal apa sajakah yang dibawa oleh fitur Fluent Design ini untuk Windows 10? Fitur Fluent Design meliputi Cahaya, Kedalaman, Gerak, Material, dan Skala. Fungsi dari Fluent Design adalah untuk membantu mengembangkan efek-efek visual yang akan disaksikan oleh para pengguna Windows 10. Dua elemen Fluent Design yaitu akrilik dan “Light” dinilai yang paling mencolok, yang mana akrilik merupakan latar belakang tembus pandang yang accessible pada opsi Start Menu dan Action Center. Pembaruan tersebut juga tersedia di berbagai aplikasi Windows berbasis UWP dan bisa Anda temukan di Pengaturan.

Sekarang, bagaimana cara untuk menon-aktifkan fitur Fluent Design? Simak step by step berikut ini ya?

  • Buka aplikasi Settings
  • Setelah itu, buka Personalization > Colors
  • Dari seluruh opsi yang tersedia, geser slider pada opsi “Transparency Effects”.
  • Dengan langkah ini, fitur Fluent Design akan non-aktif. Untuk mengaktifkannya kembali, Anda hanya perlu mengulang langkah di atas, dan menggeser slider ke arah kanan (ON)

Apakah keuntungan yang didapatkan dari menon-aktifkan fitur satu ini? Manfaat yang paling utama dari menon-aktifkan fitur ini adalah Anda dapat menghemat daya baterai karena komponen visual di dalam Windows mengalami penurunan kualitas sehingga tidak membutuhkan daya yang terlalu besar. Ditambah lagi, pada fitur tersebut terdapat “illuminasi” atau pencahayaan yang cukup terang dan memakan kapasitas baterai. Fitur Illuminasi tersebut juga akan muncul saat Anda mengarahkan kursor ke opsi Setting yang umumnya juga bisa Anda temukan di fitur buatan Microsoft yang lainnya.

Fluent Design ada untuk membuat penampilan Windows 10 jadi lebih apik dan smooth, tapi jika Anda merasa bahwa hal tersebut justru berdampak negatif pada ketahanan baterai Anda, maka memang sebaiknya Anda mematikan fitur tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena dengan mematikan fitur ini tidak akan mempengaruhi performa gadget Anda secara umum.

LEAVE A REPLY