Tips Jitu Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Tips Jitu Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

980
0
SHARE
Tips Jitu Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Baterai smartphone android –¬†Kehabisan baterai merupakan momen yang menyebalkan dan sering di alami oleh kebanyakan orang. Apalagi saat kita berada dalam kondisi darurat, kehabisan baterai pasti menjadi suatu hal yang sangat menjengkelkan. Android memang merupakan hp canggih, namun tidak bisa dipungkiri bahwa hp pintar dan canggih ini sering membuat penggunanya kesal saat kehabisan baterai.

Penyebab baterai smartphone android yang cepat habis ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya karena tingkat penggunaan yang tinggi. Namun Anda tak perlu khawatir karena baterai smartphone android yang boros dapat diatasi dengan cara – cara berikut.

Tips menghemat baterai smartphone android

1. Matikan HP
Disaat tidak penting, mematikan HP adalah salah satu cara menghemat baterai, disaat mau tidur dan disaat outdoor dengan cuaca hujan petir.

2. Matikan sinyal radio
sebaiknya matikan saja sinyal radio, jika pengguna benar-benar yakin tidak akan mendapatknya sinyal dalam beberapa waktu. Biasanya, pilihan untuk mematikan sinyal radio terdapat di menu “Setting”.

Matikan juga fitur WiFi dan Bluetooth apabila sedang tidak digunakan. Kedua perangkat tersebut juga dapat membuat baterai smartphone cepat habis.

3. Matikan jaringan 3G, gunakan hanya jaringan 2G
jika kita menggunakan untuk browsing maka gunakanlah jaringan 3G dan jika sobat sedang tidak menggunakan apa-apa smartphone-nya usahakan gunakan hanya jaringan 2G atau kita bisa matikan jaringan datanya. Ini juga bisa menghemat paket kuota data kita jika kita menggunakannya.

4. Matikan fitur Getar (Vibrate)
Fitur getar (vibrate) terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang berkendara, rapat, atau tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan “silent”. Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa.

5. Menghentikan Aplikasi Aplikasi yang Berjalan
Ketika ada banyak aplikasi yang sedang berjalan pada pinsel android anda sebaiknya hentikan aplikasi tersebut. Kadang kala kita memang sering lupa jika ponsel kita memiliki kemampuanmulti taksking, sehingga terasa sudah dihentikan aplikasinya namun kenyataanya belum.

6. Redupkan layar
Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

7. Perpendek Waktu Screen Timeout

Salah satu cara untuk menghemat pemakaian daya baterai Anda adalah dengan memperpendek waktu layar menyala. Umumnya pilihan paling rendah adalah 15 detik sebelum layar kembali off, pilihlah ini sehingga ponsel tidak akan terus menggunakan daya baterai saat Anda tidak menyentuh layar ponsel.

Itulah beberapa cara jitu untuk menghemat Baterai smartphone android. Dengan memperhatikan informasi ini, dijamin baterai Anda akan awet dan tahan lama. Baca juga : Aplikasi Android Gratis Untuk Pantau Perfoma Ponsel

LEAVE A REPLY