Tips Membuat Password Aman dan Mudah Diingat

Tips Membuat Password Aman dan Mudah Diingat

735
0
SHARE
Tips Membuat Password Aman dan Mudah Diingat

Password aman –¬†Saat kita membuat akun diinternet, hal yang paling penting dan harus dilakukan adalah membuat password atau kata sandi. Kata sandi ini digunakan sebagai pengaman akun – akun Anda agar tidak di bobol oleh orang lain.

Password yang kita gunakan tentunnya harus susah ditebak oleh orang lain, tapi selain itu pastinya kita harus mudah mengingatnya. Anda tidak mau kan jika password yang susah justru membuat Anda lupa. Nah, berikut adalah tips membuat password aman dan mudah diingat.

Langkah membuat password aman dan mudah diingat

1. Agar password Aman sebaiknya hindarkan kata sandi tersbut dengan sesuatu yang ada pada diri kita yang bisa di tebak orang lain, seperti contohnya tanggal lahir, tempat tinggal, nama kekasih, dll. Jika Anda menggunakannya, tentu saja teman anda bisa menebak dan membobol akun Anda dengan mudah.

2. Jangan menggunakan password umum. Password umum yang dimaksud disini adalah password yang biasanya digunakan banyak orang, contohnya seperti : 123456, asdfg, qwerty, dan masih banyak lagi. Mungkin Anda berfikiran menggunakan password tersebut agar mudah diingat, namun disisi lain akun Anda yang terancam dibobol.

3. Cara membuat password aman dan mudah diingat yang satu ini merupakan cara ampuh dari sekian banyak cara, yaitu dengan mengombinasikan penggunaan permainan huruf, angka, simbol dan pencampuran kata pada password. Menggunakan kata sandi yang seperti ini akan menyebabkan password menjadi kuat, aman, dan tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain.

Kenapa metode password ini terbilang kuat? kKrena metode kombinasi ini merupakan password dengan variasi yang rumit, dalam satu kata terdapat kombinasi-kombinasi huruf, angka, maupun simbol membuat orang tidak bisa menebak password tersebut. Agar password tersebut mudah diingat dengan menggunakan kombinasi-kombinasi maupun metode percampuran kata, sebaiknya ciptakan kata yang mengandung sebuah kesan dalam diri anda.

4. Nah, untuk yang satu ini juga tidak kalah pentingnya agar password aman, yaitu jangan menggunakan kata sandi yang sama disetiap akun Anda. Jika kata sandi di setiap akun sama maka dengan mudah akun – akun Anda yang lain dapat terbobol jika salah satu password dari akun telah diketahui.

5. Membuat password dari kalimat. Misalnya saja Anda memiliki kalimat “Alamat saya di Jalan Kopi No.167 dan sudah tinggal di sana selama 4 tahun, dengan sewa $200 per bulan”. Ambil huruf pertama dari setiap kata di kalimat tersebut, sehingga Anda akan mendapatkan password “AsdJKN167dstdss4tds$200pb”. Password tersebut jelas merupakan kombinasi yang kuat dan Anda juga lebih mudah mengingatnya.

Itulah cara membuat password aman dan mudah diingat, dan satu hal lagi yang harus Anda hindari adalah memberikan password terserbut kepada teman dekat Anda sekalipun. Semoga tips ini dapat bermanfaat. Baca juga : Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Dengan Mudah

LEAVE A REPLY