8 Tips Memilih Modem USB GSM yang Bagus

8 Tips Memilih Modem USB GSM yang Bagus

12739
0
SHARE
7 Tips Memilih Modem USB GSM yang Bagus

Peralatan jaringan – Modem adalah alat yang fungsinya menerima sinyal untuk berinternet. Oleh karena itu, memilih modem yang tepat juga menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan koneksi terbaik saat browsing menggunakan internet Anda.

Banyak di antara kita yang memiliki kegiatan dengan mobilitas tinggi lebih memilih untuk terkoneksi dengan internet menggunakan perangkat modem USB. Dengan dimensinya yang mungil, modem USB menjadi teman yang sangat serasi bagi laptop Anda selama melakukan kegiatan sehari-hari. Berikut 7 tips memilih modem USB yang bagus:
 
1. Kecepatan Akses
Perhatikan kecepatan maksimal yang ditawarkan modem yang akan dibeli, pilih HSDPA untuk GSM dan EVDO untuk CDMA. Semakin tinggi maka semakin bagus.
 
2. Pilih Merek Modem Ternama

Mungkin ini merupakan hal yang sangat relatif, karena masing-masing orang memiliki pilihan tersendiri. Namun, di pasaran saat ini telah terdapat sejumlah vendor yang memang dikenal sebagai penghasil produk modem USB berkualitas. Saran kami, daripada harus ‘berjudi’ dengan memilih produk dengan merek belum terkenal, lebih baik pilih yang sudah dikenal. Selain itu, umumnya sebuah brand besar memiliki layanan konsumen yang jauh lebih baik.

3. Plug and play

Fitur ini sangat penting terdapat pada modem, dengan fitur ini agar tidak repot karena kita tidak memerlukan cd-rom lagi untuk menginstal drivernya. Melainkan modem tersebut saat dimasukkan kedalam port usb akan melakukan proses instalasi driver dan software modem.
 
4. Sesuaikan dengan Sistem Operasi

Pada setiap produk modem USB pastinya diberikan keterangan tentang kompabilitas sistem operasi. Beruntung bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows 7 karena hampir seluruh produk modem USB yang beredar di pasaran kompatibel dengan OS besutan Microsoft tersebut. Namun bagi Anda pengguna sistem operasi di luar Windows seperti Mac OS X, Linux maupun Unix harus lebih diperhatikan lagi dalam memilih modem.

5. Sesuaikan dengan Operator

Modem USB terbagi menjadi dua jenis yakni GSM dan CDMA. Jika Anda sebelumnya memilih operator dari GSM maka sudah pasti Anda harus membeli modem GSM. Jika memilih operator CDMA, pastikan Anda juga membeli modem khususnya CDMA. Saat ini keduanya telah banyak tersedia di pasaran.

6. Proses Instalasi Mudah

Saat ini rata-rata modem USB dihadirkan dengan proses instalasi mudah, tanpa driver yang harus di-instal-kan melalui disc terpisah lebih dulu.

7. Desain Modem USB

Ini terpengaruh dengan bagaimana port USB di laptop Anda diletakkan. Biasanya satu usb port di kiri, dan dua di kanan. Laptop keluaran terbaru, biasanya juga cuman punya 3 usb port. Bahkan ada yang tega cuman memberi 2 atau satu saja macam si MacBook Air itu. Nah, supaya kita bisa menggunakan semua port usb yang ada di laptop, maka kita harus pastikan modem USB kita itu cukup tipis, tidak terlalu lebar dan gendut sehingga menghalangi lubang port USB lainnya.

8. Pilih Operator dengan Sinyal Kuat di Daerah Anda

Hal ini kadang luput dari perhatian kita. Penting bagi kita untuk mengetahui operator penyedia jasa layanan internet manakah yang memiliki sinyal yang kuat di daerah kita. Operator A bisa saja memiliki sinyal kuat di daerah yang satu namun lemah di daerah yang lain. Tentunya Anda yang akan rugi bila memilih operator telekomunikasi dengan sinyal yang lemah karena koneksi internet Anda tidak stabil.

Nah itulah tips memilih modem USB yang bagus yang dapat Anda gunakan saat akan membel USB modem. Semoga inforamsi di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda.

LEAVE A REPLY