Apa Perbedaan Jaringan 3G dan 4G?

Apa Perbedaan Jaringan 3G dan 4G?

205
0
SHARE

Walau saat ini jaringan 4G LTE sudah hampir merata, pertumbuhan internet di Indonesia masih terbilang lambat jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang. Sebelum adanya jaringan 4G, kita menggunakan jaringan 3G. Namun, tahukah Anda apa perbedaan 3G dan 4G? Kali ini kami akan mengulasnya untuk Anda.
Teknologi dari jaringan 3G sudah ada sejak tahun 2000-an, dan memang pada saat itu teknologi 3G ini sangat pas karena segalanya masih sederhana dan tidak memerlukan banyak kecepatan internet seperti sekarang ini. Namun, kini semua orang membutuhkan kecepatan yang lebih dalam hal internet baik itu untuk download maupun hal-hal lain yang sejenis.
Sebenarnya ada perbedaan 3G dan 4G ini secara umum terletak pada pada keberadaan teknologi yang sesuai. Ada sekelompok teknologi yang jatuh di bawah 3G, misalnya WCDMA, EV-DO dan HSPA. Meskipun banyak perusahaan ponsel dengan cepat menjuluki produk mereka sebagai teknologi 4G, seperti LTE, WiMax dan UMB, namun tidak satupun yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh standar 4G. Teknologi ini sering disebut sebagai Pre-4G atau 3.9G.
Dalam penerapannya, sebenarnya jaringan 3G tidak memprioritaskan jaringan internet. Tetapi penerapan secara teknisnya lebih mengarah pada penggunaan telepon dan sms saja, namun seiring dengan perkembangan jaman mulailah digunakan sebagai jaringan internet.
Berbeda dengan 4G, jaringan ini menekankan penggunaan internet yang lebih cepat. Teknologi ini berkembang seiring dengan kehadiran smartphone, ditambah dengan aplikasi yang menjamur. Semua fitur pada smartphone dan aplikasi yang digunakan memerlukan koneksi internet. Secara porsi, layanan untuk telepon dan SMS lebih kecil, tetapi tidak akan mengalami gangguan.
Kehadiran jaringan 4G LTE di Indonesia ini sudah jelas mendorong pengguna ponsel untuk terhubung dengan internet yang jauh lebih cepat dan mudah. Namun, yang menjadi masalah adalah saat ini jaringan 4G belum menyebar dengan menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia.
Itulah beberapa perbedaan jaringan 3G dan 4G yang mungkin tidak Anda sadari, sebagai seorang yang setiap hari menggunakan internet, alankah lebih baik apabila Anda menggunakannya dengan lebih bijak.

LEAVE A REPLY