Cara Membuat Antena Agar Koneksi Internet Cepat

Cara Membuat Antena Agar Koneksi Internet Cepat

27924
0
SHARE
Cara Membuat Antena Agar Koneksi Internet Cepat

Kebutuhan akses koneksi internet cepat sudah menjadi sebuah keharusan, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki aktivitas pekerjaan di dunia maya. Namun,bagi mereka yang tinggal dilokasi pedalaman sering kali mengalami masalah untuk bisa mendapatkan sinyal. Jangankan full bar sinyal, untuk mendapatkan tiga bar sinyal saja harus menggunakan perangkat penguat sinyal tambahan seperti antena.

Berikut beberapa langkah-langkah untuk Menguatkan Sinyal Modem agar mendapatkan koneksi internet yang cukup cepat:

1. Menggunakan Modem di Area Terbuka
Cara ini memang cukup ampuh untuk Menguatkan Sinyal Modem yang digunakan pada Laptop. Karena Sinyal “Modem” dapat terhalangi oleh berbagai media penghalang. Seperti tembok, gedung-gedung, antar ruangan, dan lain-lain. Seperti halnya suara, Sinyal Modem ini merupakan sebuah gelombang yang dapat terhambat oleh media penghalang.

2. Menggunakan Modem Dekat Dengan BTS Tower Operator
Cara ini memang tidak diragukan lagi. Untuk mendapatkan Sinyal Modem yang maksimal, anda bisa menggunakan modem di dekat dengan operator kartu anda. Karena modem lebih cepat menangkap sinyal dari BTS Tower operator kartu. Jadi, transfer data juga relatif lebih cepat.

3. Menggunakan Kabel USB Extender
Kabel USB Extender bisa digunakan untuk Menguatkan Sinyal Modem. Caranya adalah dengan memasangkan USB Extender ke port USB modem dan port USB Laptop PC anda. Lalu, letakkan modem di tempat yang tinggi. Tapi ingat, semakin panjang kabel USB Extender yang anda gunakan, maka semakin panjang lama juga waktu yang digunakan untuk mentransfer data-nya ingat pelajaran Fisika ? Jenis kabel USB Extender juga perlu diperhatikan. Apakah menggunakan USB 3.0 atau 2.0. Karena USB 3.0 lebih cepat mentransfer datanya dibandingkan USB 2.0.

4. Menggunakan Antena Luar External
Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk Menguatkan Sinyal Modem. Diakrenakan menggunakan antena yang sesuai dengan modemnya. Karena antena memiliki cakupan untuk menangkap sinyal lebih luas. Antena disini adalah antena khusus modem yang telah disediakan oleh produsen modem tersebut. Boleh juga menggunakan Antena Buatan seperti Wajanbolic, Antena Kaleng, dan lain-lain.

Meski sudah berbekal antena penguat sinyal terkadang koneksi internet yang dimiliki masih belum maksimal alias masih belum bisa mendapatkan full bar sinyal. Untuk mengatasi permasalahan ini salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan kaleng bekas untuk dipasangkan pada modem. Yang perlu Anda persiapkan adalah kabel USB extender. Anda bisa membelinya seharga -/+ 35 ribu di toko komputer.

Setelah Anda membeli kabel USB extender, langkah selanjutnya adalah mencari kaleng bekas. Ukurannya terserah Anda, semakin besar semakin bagus. namun berdasarkan pengalaman beberapa blogger, dengan hanya menggunakan keleng susu bekas yang berukuran kecil, namun sudah bisa menambah kekuatan sinyal yang tadinya dua bar sinyal menjadi empat bar sinyal.

Sangat sederhana, tapi benda sejenis kaleng memang mampu menambah radiasi sinyal pada modem sehingga koneksi internet menjadi sedikit lebih cepat. Namun, jika Anda berlokasi pada tempat yang memang sangat jauh dari BTS Anda tetap harus menggunakan antena penguat sinyal outdoor, seperti Antena Yagi dan ditambah dengan antena kaleng.

LEAVE A REPLY