Mozilla Rilis Firefox Versi Baru dengan Kecepatan Lebih

Mozilla Rilis Firefox Versi Baru dengan Kecepatan Lebih

179
0
SHARE

Teknonetwork – Setelah 13 tahun lamanya sejak pertama dirilis tidak melakukan pembaruhan akhirnya Mozilla memberikan sejumlah pembaruhan untuk Firefox. Pembaruhan ini diperuntukkan untuk Android, iOS, Linux, Mac, dan Windows. Versi terbarunya ini diberi nama Firefox Quantum, dimana banyak menampilkan perubahan secara besar-besaran.

 

Firefox Quantum atau yang mempunyai sebutan Firefox 57 ini memiliki desain yang lebih modern, terbukti dengan munculnya opsi “page action” Pada menu bar yang sebelumnya disediakan terpisah untuk penulusuran web, kini dibuat lebih baik. Selain desain, dipembaharuannya ini memiliki performa yang lebih baik yaitu diklaim memiliki kecepatan dua kali lipat sari versi sebelumnya.

 

Tidak hanya itu, Mozilla juga melakukan perbaikan pada lebih dari 500 bug yang mampu menambah kinerjanya. Firefox Quantum ini lebih hemat memori hingga 30 persen dibanding Google Chrome. Perambahan barunya ini juga dibekali dengan fitur baru yaitu WebRender atau QuantumRender yang akan tersedia secara resmi di tahun 2018.

 

Selain itu, Mozilla juga melakukan pembaruhan pada logonya. Kini logo Firefox memiliki desain yang sederhana dan lebih berwarna. Dengan pembaruhan yang dilakukan kini pengguna bisa membagikan sreenshot melalui laman web dan juga lebih mudah untuk menyimpan link yang sudah terintegrasi dengan aplikasi pengaturan bacaan.

 

Untuk kecepatan JavaScript juga di tingkatkan sehingga tidak akan lag saat sedang dioperasikan, termasuk dalam mengakses Facebook yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja. Dan Mozilla juga melakukan sejumlah perbaikan pada lebih dari 500 bug yang dianggap sebagai mempengaruhi kinerjanya.

 

Saat ini Mozilla telah mengakhiri kontraknya dengan Yahoo, dimana Yahoo adalah mesin pencarian saat pengguna pertama kali mebuka Firefox. Pihaknya juga mengatakan bahwa akan melampaui Chrome dalam beberapa hal. Perusahaan ini membutuhkan waktu ebih dari satu tahun untuk memperbaiki banyak hal guna menyaingi ketenaran yang sedang dipegang oleh Google Chrome.

 

Dan kerennya selain Firefox Quantum, Mozilla juga melakukan perambahan pada mobile yang didesain khusus untuk Indonesia. Bukan tanpa alasan kenapa Mozilla menghadirkan FireFox Rocket di Indonesia tidak lain adalah Indonesia dianggap pasar yang penting, sehingga aplikasi ini hadir khusus di sini.

 

Perambahan yang dilakukan ini bernama Firefox Rocket yang didesain sebagai aplikasi yang ringan yang hanya memebutukan 2,39MB untuk menyimpan Firefox Rocket, dan juga perambahan ini menghemat dalam penggunaan data.

 

Untuk informasi, versi Beta dari Firefox Quantum sendiri sudah rilis sejak 2017. Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba silahkan kunjungi situs resmi Mozilla dan dapat diunduh langsung. Selamat Mencoba.

LEAVE A REPLY