Penyebab dan Cara Menangani Internet Lambat

Penyebab dan Cara Menangani Internet Lambat

6807
0
SHARE
internet-lemot-1

Semua orang tentu tidak ingin merasakan koneksi internet lemot, ketika jaringan internet lemot memang akan membuat kamu mudah emosional. Tetapi terkadang saat koneksi internet lambat yang kita salahkan adalah provider dari penyedia internet yang digunakan. Sebenarnya ada banyak penyebab internet menjadi lelet, salah satu penyebab yang sering dialami adalah karena virus. Penyakit yang cukup terkenal adalah virus trojan tongji, penyakit tersebut bisa menyerang bandwith atau kecepatan internet.

Cara penyebaran virus tersebut biasanya melalui internet. Jika kamu masuk kedalam website yang tidak jelas, biasanya disitu terdapat trojan atau mallware. Jika kamu masuk ke website yang tidak jelas biasanya trojan tongji akan otomatis masuk kedalam hardisik kamu dan menggerogoti jaringan internet dan akhirnya membuat internet kalian menjadi lambat.

Terdapat berberapa tanda-tanda gejala jika komputer atau laptop yang kamu gunakan terkena virus trojan tongji. Ciri-ciri dari virus tersebut adalah

  • Akses internet menjadi lambat dan berat
  • Bandwith terasa seperti berbagi dengan IP lain
  • Koneksi mendadak mati
  • Koneksi sering gagal

Cara termudah untuk mengatasi virus tersebut adalah dengan mengaktifkan antivirus ketika online. Jika sebuah komputer sudah terjangkit virus trojan tongji dan mengalami kejadian seperti ciri-ciri di atas. Usahakan untuk instal anti-virus yang kamu percaya, untuk setiap antivirus semuanya bagus dan terpercaya.

Antivirus dengan kemampuan internet security akan membantumu untuk mendeteksi file yang bersifat negatif yang ada di setiap halaman browser yang kamu akses. Jika terdapat virus, maka antivirusmu akan menolongmu agara komputer kalian tidak terjangkit penyakit tersebut.

Jika koneksi internet masih lambat dan tidak ada ciri-ciri dari virus, coba pastikan auto download dari setiap aplikasi sudah mati. Biasanya windows autoupdate salah satu penyebab koneksi internet lambat, karena windows update bisa melakukan perbaruan sistem dengan cara download tanpa melakukan ijinan terlebih dahulu. Tetapi pada saat melakukan instalasi windows, akan ditanyakan untuk windows autoupdate. Kamu diperintahkan untuk memilih autoupdate jalan secara otomatis apakah tidak perlu melakukan auto update.

Jika ingin mematikan windows autoupdate agar koneksi internet lambat bisa teratasi, dapat di lakukan secara manual untuk windows 7, yaitu sebagai berikut.

  • Klik tombol menu dan pilih control panel
  • Lalu pilih windows update
  • pilih Change seting pada menu sebelah kiri
  • Akan ada empat pilihan pengaturan terhadap windows update, pilih Never check for update (not recommended)
  • Setelah itu klik save setting

Bagaimana, cukup mudah simpel bukan cara agar koneksi internet kembali stabil? namun yang jelas jangan lupa untuk selalu menyalakan antivirus ketika sedang online.

LEAVE A REPLY