3 Cara Atasi Google Play Store Terhenti

3 Cara Atasi Google Play Store Terhenti

288
0
SHARE
3 Cara Atasi Google Play Store Terhenti

Google Play Store terhenti – Sebagai pengguna Android, cara utama untuk bisa mendapatkan beragam aplikasi baik berbayar maupun gratis adalah melalui toko aplikasi Google Play Store. Di sini disediakan beragam jenis aplikasi, seperti aplikasi chatting, sosial media, hingga game. Bahkan sebenarnya kontennya tidak hanya sebatas aplikasi saja, karena Anda bisa menikmati video dan e-book secara legal di sini.

Namun, pastinya setiap pengguna Android pernah menemui error Google Play Store. Ada beragam bentuk error atau problem yang lazim dijumpai, mulai dari Google Play yang terhenti, tidak bisa buka Google Play, hingga proses download aplikasi yang terhenti. Mungkin kita akan mencoba membuka ulang aplikasi, namun kadang cara ini tidak jua berhasil.

Yang lebih merugikan tentu saja bila kita sedang di tengah proses download namun terjadi problem Google Play Store dan akhirnya download gagal atau terhenti. Kita tentu mengalami kerugian terkait banyaknya kuota data yang terbuang. Jika Anda pernah mengalami situasi-situasi di atas, maka Anda sebaiknya lanjut baca artikel ini.

Yap, itu karena kami tim Teknonetwork.com akan membahas bagaimana solusi untuk mengatasi berbagai problema yang mendera toko aplikasi Android utama ini, seperti Google Play Store terhenti atau download aplikasi yang gagal. Dikutip dari Androidpit.com, langsung saja yuk kita bahas!

1. Bersihkan Cache Google Play Store

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan ketika Anda tidak bisa download di Play Store atau mengalami Google Play store yang tidak mau dibuka adalah dengan membersihkan cache. Caranya mudah, pergilah ke bagian Settings di ponsel Anda kemudian pergi ke bagian App atau Application. Atau pergi ke bagian Storage, dan kemudian carilah pilihan untuk Clear Cache.

2. Bersihkan Data dan Cache pada Google Play Service

Kadang masalah terkait Google Play Store ada hubungannya dengan Google Play Service. Ia merupakan program yang berjalan di belakang layar yang memungkinkan antar aplikasi saling terhubung dan melakukan sinkronisasi. Bila Anda sudah mencoba tips pertama dan problem masih belum terpecahkan, maka Anda bisa juga melakukan clear data dan cache pada Google Play Service.

3. Install versi terbaru Google Play Service

Selalu menjalankan versi up to date dari sebuah aplikasi bisa memastikan kestabilan aplikasi tersebut saat dijalankan di smartphone Anda. Anda bisa mengeceknya melalui menu button di pojok kiri atas kemudian pilih Settings. Di sana Anda bisa melihat kapan Google Play app mendapat update. Untuk memastikan semuanya telah terupdate, Anda bisa mencentang pilihan Auto-update apps dan Auto-update apps over Wi-Fi.

Baca juga yuk : 3 Cara Mempercepat Kinerja HP Android

Itulah beberapa cara untuk mengatasi Google Play Store terhenti yang bisa Anda coba. Semoga berhasil ya!

LEAVE A REPLY