4 Tips Menghemat Kuota Internet Smartphone

4 Tips Menghemat Kuota Internet Smartphone

322
0
SHARE
4 Tips Menghemat Kuota Internet Smartphone

Tips menghemat kuota internet smartphone – Penggunaan smartphone yang semakin luas membuat para penyedia layanan telekomunikasi mengubah strategi penjualan mereka. Bila dulu kita harus menyediakan pulsa untuk membeli paket SMS atau telepon, kini kita menghabiskan lebih banyak uang untuk menjaga agar koneksi internet pada smartphone kita tetap menyala. Yap, kini nyaris semuanya terhubung melalui koneksi internet.

Ingin mengirim pesan singkat? Kini jauh lebih populer berkirim pesan menggunakan aplikasi chatting yang menggunakan koneksi internet. Ingin berbicara di telepon? Beberapa aplikasi chatting malah menyediakan layanan voice call dan video call. Bahkan untuk mendengarkan music dan menonton film, kini lebih banyak orang yang melakukannya via streaming yang tentunya memakan kuota data.

Nah, tingginya penggunaan internet tentu berimbas pada banyaknya kuota internet yang terpakai, padahal kuota internet bukanlah sesuatu yang murah. Mungkin kini saatnya Anda memikirkan cara mengirit kuota. Buat Anda yang tidak memiliki jatah kuota banyak dalam sebulan, yuk simak tips menghemat kuota internet smartphone berikut ini :

1. Ketahui Penyebab Anda Boros Kuota

Jika Anda mau tahu cara menghemat kuota internet smartphone yang paling aktif, Anda harus mengetahui apa saja aplikasi yang membuat Anda boros dalam penggunaan kuota internet. Anda bisa melihatnya di ponsel Anda. Umumnya, aplikasi media sosial, streaming video dan music, serta browser yang menjadi penyebab utamanya. Solusi cara hemat kuota tentu saja dengan membatasi penggunaan aplikasi tersebut.

2. Aktifkan Fitur Hemat Kuota di Browser

Umumnya browser memiliki fitur untuk membatasi penggunaan kuota. Contohnya di Chrome, ada fitur Data Saver, sehingga Anda bisa bebas browsing tanpa takut kuota internet Anda jebol. Tips hemat kuota lainnya juga sama, seperti di Instagram Anda juga bisa mangaktikan fitur Data Saver ini.

Baca : Tips Hemat Kuota Saat Lihat Foto Instagram

3. Matikan Update Otomatis Aplikasi

Google Play Store menyediakan fitur update otomatis aplikasi agar kita tidak perlu repot-repot mengecek setiap ada update baru pada aplikasi yang kita instal. Namun, bila Anda tidak memiliki persediaan kuota internet melimpah, sebaiknya nonaktifkan saja fitur ini. Cara menghemat kuota di Android ini adalah Anda bisa mengupdate aplikasi Anda secara manual ketika Anda menggunakan Wi-Fi atau memiliki persediaan kuota yang banyak.

4. Manfaatkan Wifi Publik

Semakin tingginya penggunaan internet membuat banyak tempat umum kini menjadi titik hotspot Wi-Fi gratis. Anda bisa menggunakan akses Wi-Fi publik ini sebagai cara hemat kuota internet Anda. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan artikel dan mendownload konten yang ingin Anda baca nanti. Nah, jadi lebih hemat kan?

Itulah tips menghemat kuota internet smartphone dari tim Teknonetwork.com. Yuk segera dipraktekkan!

LEAVE A REPLY