7 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

7 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

2585
0
SHARE
6 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara mengatasi Android lemot – Sering kali pemakaian gadget Android untuk kegiatan sehari-hari dapat membuat kinerjanya menjadi menurun. Apabila mengalami andorid lemot atau menjadi lambat saat digunakan, pasti muncul rasa jengkel atau penat disaat-saat tertentu.

Baca juga:

Ada banyak faktor yang terjadi saat android lemot. Untuk itu teknonetwork.com akan memberikan cara mengatasi Android lemot yang dapat anda praktekkan.

1. Matikan Live Wallpaper

Selain membuat baterai cepet habis, live wallpaper ternyata salah satu faktor android lemot. Agar lebih efisien, lebih baik gunakan wallpaper yang biasa dengan cara masuk ke menu setting – display, dan ganti gambar bawaan Android.

2. Nonaktifkan Animasi

Untuk mempercepat Android, coba matikan animasi perpindahan menu karena salah satu indikasi android lemot adalah perpindahan menu menjadi lambat. Caranya masuk ke menu setting – Developer options lalu pilih off pada pilihan animasi yaitu windows animation scale, Animator duration scale dan Transition animation scale.

3. Seleksi Aplikasi yang Sering Digunakan

Kelebihan Android karena banyak dukungan aplikasi gratis yang ada di Play Store. Namun ini bisa menjadi boomerang, karena tak sedikit dari pengguna Android terlalu banyak menginstal aplikasi tanpa pertimbangan. Pada dasarnya, semakin banyak menginstal aplikasi ataupun game akan membebani memori sehingga kinerja ponsel pintar menjadi semakin berat. Untuk itu, pilihlah aplikasi android sesuai kebutuhan.

4. Jangan Memasang Widget yang Berlebih

Widget adalah fitur tambahan yang menampilkan informasi realtime pada homescreen. Namun semakin banyaknya widget yang ada di homescreen  akan membuat baterai serta bandwidth cepat habis. Tak hanya itu, kinerja android menjadi lemot karena banyaknya widget yang ada.

5. Pakailah MicroSD yang Berkecepatan Tinggi

Walaupun Android telah dilengkapi dengan memori internal yang cukup besar, namun tak sedikit dari pengguna Android ingin menyisipkan kartu memori micro SD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Dengan kehadiran micro SD, membuat memori menjadi lebih lapang, Di sisi lain, microSD juga dapat membuat Android lemot karena membutuhkan komunikasi untuk membaca dan menulis data di luar smartphone.

6. Bersihkan Cache Data

Cache data adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang digunakan atau pernah Anda gunakan sebelumnya. Hapus atau bersihkan cache data ini agar tidak menumpuk, karena cache data yang menumpuk akan membuat Android Anda berjalan lemot. Anda bisa membersihkannya melalui bagian Settings > Application.

7. Jangan Bebani RAM

Melakukan multitasking nyaris bisa dibilang merupakan kebiasaan banyak orang di masa milenium ini. Memang mutitasking membuat kita bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus, namun kebiasaan ini sebaiknya jangan dibawa saat menggunakan smartphone. Membuka beberapa aplikasi sekaligus bisa bisa membebani RAM dan berdampak pada performa ponsel Android yang lemot. Anda bisa melakukan perintah Clear Memory untuk membersihkan proses yang tidak diperlukan namun berjalan pada background.

Ituah beberapa cara mengatasi Android lemot tanpa menginstall aplikasi tambahan. Apabila kurang maksimal, cobalah menggunakan aplikasi pengelola memori seperti Cache Cleaner.

LEAVE A REPLY