Alasan yang Memperkuat Anda untuk Puasa Gadget

Alasan yang Memperkuat Anda untuk Puasa Gadget

235
0
SHARE

Bulan Ramadhan sudah tiba, dan seluruh umat Islam di dunia selama satu bulan ke depan melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa tersebut ditujukan untuk melatih umat Islam untuk menahan diri dari segala macam nafsu, tak hanya nafsu makan-minum, nafsu seksual, hingga nafsu amarah. Anda mungkin banyak menemukan teman-teman di media sosial Anda satu-persatu berpamitan untuk tidak mengakses medsos selama bulan puasa ini.

Alasannya tentu saja beragam. Bisa jadi karena mereka ingin khusyuk beribadah, atau bisa juga karena mereka ingin mengistirahatkan pikiran dari berbagai kabar buruk yang belakangan bertebaran di media sosial. Kalau Anda bertanya-tanya perlukah Anda mengikuti jejak mereka, kemungkinan besar jawabannya adalah “Ya”. Dan inilah alasannya:

  • Gadget Merusak Mata

Gadget, atau lebih tepatnya sinar radiasi blue light (HEV) yang dipancarkan dari layar gadget Anda berpotensi merusak mata Anda. Semakin lama dan semakin dekat mata Anda menatap layar smartphone, semakin banyak pula sinar radiasi yang terpancar dan terserap oleh mata sehingga mengakibatkan kerusakan mata semakin cepat terjadi.

Mengistirahatkan mata Anda dengan tidak terlalu intens mengakses smartphone Anda akan menguntungkan Anda dalam jangka waktu panjang. Lagipula, mata adalah aset dari tubuh kita yang sangat berharga.

  • Gadget Merusak Pertemanan & Karir Anda

Tak hanya mata, gadget juga dapat merusak hubungan Anda dengan orang-orang terkasih. Bagaimana perasaan Anda jika saat Anda tengah bercerita namun teman atau keluarga Anda terlalu terpaku dengan smartphone mereka? Yang jelas Anda akan merasa terabaikan dan tidak dihargai kan? Orang yang terlalu sibuk dengan gadget terutama saat mereka tengah berada di suatu acara sosial dapat membuat orang-orang di sekitarnya menganggap bahwa ia adalah orang yang detached dan cuek.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Essex menunjukkan bahwa kehadiran smartphone yang terlihat saat interaksi sosial saja sudah menimbulkan kesan negatif terhadap orang tersebut.

  • Gadget Dapat Mengakibatkan Masalah Kesehatan pada Tangan

“Text Claw” adalah istilah untuk rasa kaku atau pegal-pegal pada tangan dan jari akibat mengakses smartphone terlalu lama. Anda yang tergolong aktif menggunakan smartphone tentu merasa familiar dengan rasa pegal-pegal ini, umumnya juga mempengaruhi ibu jari Anda setelah Anda menghabiskan waktu untuk chatting.

Selain 3 alasan di atas, gadget juga dapat mengakibatkan insomnia hingga stres dan anxiety. Semakin kuatkah tekad Anda untuk paling tidak meminimalisir penggunaan smartphone?

LEAVE A REPLY