Anti Gagal, Coba Cara Mengatasi Hp Kena Air Ini!


Masalah hp terkena air seringkali terjadi dan menyebabkan perangkat mati total. Satu hal yang membuat hp terkena air akhirnya mati total adalah penanganan yang salah. Air memang menjadi momok paling menyeramkan untuk barang-barang elektronik. Ada banyak kasus tentang hp terkena air. Mulai dari terkena air hujan sampai dengan nyemplung ke dalam kolam.

Jika ditangani dengan benar, kemungkinan Anda masih bisa menyelamatkan ponsel. Tekno Network akan menunjukkan cara mengatasi hp kena air yang tepat untuk mencegahnya mati total, seperti jangan langsung dinyalakan, jangan terlalu banyak digerakkan, dan banyak lainnya.

Satu hal yang akan dilakukan sesaat setelah hp terkena air adalah mengecek keadaannya. Apakah dalam kondisi mati atau hidup. Namun, jika hp Anda masih dalam keadaan menyala, sebaiknya langsung matikan, karena sifat air memang selalu bertolak belakang dengan benda elektronik. Semakin lama Anda membiarkan ponsel menyala, maka kemungkinan rusak juga semakin besar.

Setelah itu, Anda bisa membongkar ponsel. Untuk pemula atau yang baru pertama kali, Anda hanya butuh melepas baterai jika tidak unibodi atau bisa juga dengan melepas microSD dan SIM card-nya. Jika Anda sudah pro, maka bongkar semuanya dan letakkan di atas kain yang kering.

Langkah selanjutnya adalah lap semua bagian. Mulai dari bagian luar sampai bagian dalamnya. Lakukan secara perlahan saja dan pastikan hingga kering. Sebelum membongkar jangan ditiup, karena akan membuat air semakin masuk ke bagian dalam mesin hp. Gunakan vacuum cleaner untuk menarik air yang masuk.

Sebelum digunakan, Anda juga harus memastikan hp benar-benar kering. Metode yang paling banyak dilakukan adalah dengan memasukkannya ke dalam kantong beras. Karena beras dianggap sebagai bahan yang dapat menyerap kelembaban dengan cepat. Diamkan HP kamu di dalam beras setidaknya 2 sampai 3 hari.

Silica gel juga bisa menjadi alat untuk mengeringkan HP lebih baik dibandingkan beras. Jika Anda tidak tahu apa itu silica gel, pasti Anda pernah menemukan sekantong kecil berwarna putih jika kamu membeli barang elektronik dan sepatu.

Langkah yang terakhir adalah menyalakan ponsel dan memastikan apakah cara tersebut berhasil. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "Anti Gagal, Coba Cara Mengatasi Hp Kena Air Ini!"