Awas, Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Ponsel Meledak!

Awas, Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Ponsel Meledak!

188
0
SHARE

Beberapa tahun terakhir ini banyak kasus hp meledak. Penyebabnya pun beragam. Bahkan bisa dibilang kalau penyebabnya itu sederhana dan unik. Kebiasaan yang sering dilakukan bahkan juga bisa jadi penyebab ponsel meledak. Namun penyebab ini tidak sepenuhnya berasal dari penggunanya. Para pembuat perangkat juga tak jarang melakukan kesalahan terhadap komponen dalam ponselnya.

Meski begitu, sebagai pengguna yang baik kita juga harus tetap berhati-hati dan menggunakan ponsel dengan bijaksana. Kali ini kita akan membahas tentang apa saja penyebab ponsel meledak yang merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna.

Bermain ponsel saat mengisi daya

Para ahli dan produsen pun menyarankan untuk tidak menggunakan ponsel saat mengisi daya. Pengisian daya akan membuat suhu panas meningkat ditambah lagi jika Anda menggunakan ponselnya, maka suhu panas akan semakin tinggi. Itulah yang bisa memicu ledakan.

Kepala charger yang tidak original

Saat memproduksi ponsel, semua perangkatnya tentu memiliki keterkaitan dan standar penggunaan yang sudah disesuaikan. Nah, termasuk pada charger. Jika Anda menggunakan charger palsu, maka bisa saja menimbulkan masalah besar karena komponennya yang tidak sesuai.

Charger tablet untuk ponsel

Dari segi fisik saja, tablet memang lebih besar daripada ponsel. Hal ini tentu saja juga berpengaruh pada besarnya pengisian kapasitas daya baterai dan besarnya arus listrik yang mengalir. Arus dari charger tablet jelas lebih besar dibandingkan dengan ponsel atau smartphone. Ini akan menyebabkan pengisian daya yang tidak seimbang dan memicu panas berlebihan sehingga bisa saja meledak.

Tegangan listrik tidak stabil

Ketika memasukkan kepala charger pada stop kontak, pernahkah Anda melihat percikan api yang keluar? Ini adalah bukti bahwa tegangan listrik sedang tidak stabil. Jika tidak stabil, maka bisa saja memicu percikan yang lebih besar dan menyebabkan ledakan terjadi.

Mengisi daya terlalu lama

Hal ini juga selalu menjadi kebiasaan. Mengisi daya mulai malam sampai pagi menjelang. Mulai sekarang hentikan kebiasaan ini ya guys. Bila terlalu lama, komponen dalam ponsel akan memutus arus secara otomatis. Jika hal itu tidak berjalan baik, maka ledakan bisa terjadi.

Nah, itulah beberapa penyebab terjadinya ledakan pada ponsel. Mulai sekarang Anda bisa coba hentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

LEAVE A REPLY