Cara Partisi SD Card Dengan Aparted Di Android

Cara Partisi SD Card Dengan Aparted Di Android

517
0
SHARE

Apakah Anda pernah mengalami masalah pada saat ingin menginstal aplikasi di android Anda muncul notifikasi warning error atau memori tidak cukup? Tenang jangan buru-buru merelakan data Anda dengan menghapus data Anda. karena, ada alternatif lain untuk masalah Anda ini. yaitu dengan Cara Partisi SD Card Dengan Aparted.

Sesuai dengan namanya, tujuan untuk hal ini adlah membuat partisi kartu SD baru untuk membaginya menjadi dua bagian atau bahkan lebih. Dengan melakukan ini Anda dapat menjadikan satu bagian kartu SD sebagai memori internal ponsel Anda dan satu bagian kartu SD yang lainnya tetap bisa Anda jadikan sebagai memori eksternal. Dengan menggunakan aplikasi aparted Anda dapat dengan mudah membagi partisi memori Anda sesuka hati. Berikut ini Cara Partisi SD Card Dengan Aparted. Baca juga: Cara Menonaktifkan Centang Biru Whatsapp

  • Instal aplikasi aparted seperti biasa
  • Terlebih dahulu backup semua data Anda untuk berjaga-jaga agar data Anda tetap aman
  • Keluarkan kartu memori dari ponsel kalau tidak mau dilepas bisa juga dengan cara setting di smartphone : masuk ke menu pengaturan, lalu penyimpanan, pilih lepaskan kartu memori (unmount SD card) karena partisi ini akan berfungsi jika kartu memori terlepas atau tidak terbaca di ponsel.
  • Jika sudah maka jalankan aplikasi Aparted tersebut kemudian pilih tab ” CREATE ” dan tekan pada hijau ” + PLUS ” tombol . Anda akan diminta untuk membuat partisi pertama, Anda juga bisa membuat partisi dua atau lebih partisi terserah Anda namun sebaiknya pilih dua saja. Setelah itu tentukan jumlah ruang penyimpanan yang  Andamau dengan cara menggeser garis warna hijau sesuai dengan keinginan. Lalu pilih jenis File System FAT32 dan klik aplly change.
  • Lalu  klik tab “Tools”, check list partisi mana saja yang Anda inginkan di ponsel tersebut lalu tinggal klik tombol Create untuk melanjutkan prosesnya.
  • Selanjutnya partisi yang Anda pilih tersebut sedang di proses, lalu jika muncul dialog Exit, Anda tingggal klik OK untuk keluar dari system.
  • Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan Restart atau reboot smartphone android Anda, setelah di Restart maka otomatis kartu memori Anda telah dipartisi menjadi beberapa bagian.

Sangat mudah bukan Cara Partisi SD Card Dengan Aparted? Memang terlebih dahulu kartu SD harus dilepas agar aplikasi tersebut dapat berjalan.

LEAVE A REPLY