Gampang, Begini Cara Merawat Kamera DSLR!

Gampang, Begini Cara Merawat Kamera DSLR!

522
0
SHARE

Kamera DSLR menjadi salah satu perangkat paling berharga bagi seorang fotografer atau siapapun yang hobi dengan fotografi. Tak heran jika para ahli fotografi maupun yang hanya sekedar hobi mati-matian menjaga kamera mereka. Nah, untuk Anda yang baru saja membeli kamera pasti bertanya-tanya bagaimana cara merawat kamera DSLR dengan benar.

Kali ini Tekno Network punya rahasianya untuk Anda bagaimana menyimpan dan merawat kamera DSLR dengan benar agar awet. Daripada penasaran langsung saja simak sama-sama caranya dalam ulasan berikut ini.

Cara menyimpan kamera

Anda harus mengenali suhu di linkungan Anda. Perawatan kamera di berbagai negara jelas berbeda. Indonesia merupakan negara tropis yang membuat sensor kamera dan lensa mudah terserang jamur. Jika ingin terbebas dari jamur Anda harus berada pada suhu 40 – 60 derajat celcius. Intinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu jangan menyimpan kamera di dalam tas dalam waktu yang lama, jangan menyimpan kamera di tempat yang terkena sinar matahari langsung, dan jangan menyimpan kamera di tempat terbuka yang penuh debu.

Kebersihan kamera

Ketika selesai menggunakan kamera di area outdoor, jangan langsung dimasukkan ke dalam tempatnya. Bersihkan dulu dengan alat pembersih kamera. Lakukan juga pembersihan rutin seminggu sekali.

Membersihkan bodi kamera

Untuk membersihkan viewfinder, Anda bisa menggunakan cotton bud yang diberi cairan pembersih kamera. Lakukan juga pada area lainnya. Nah, pengecualian untuk tombol navigasi. Anda bisa menggunakan kaos tipis untuk membersihkan debu.

Membersihkan lensa kamera

Ini menjadi bagian yang sangat mudah terserang jamur. Siapkan alat-alat pembersih khusus seperti Cleaning Kit seperti blower, kain bersih khusus lensa, dan kuas halus berukuran kecil. Jangan gunakan kain untuk membersihkan bodi kamera, karena berbeda.

Membersihkan sensor kamera

Pastikan mirror lock up kamera sedang aktif agar bisa terbuka dan mudah dibersihkan. Mengaktifkannya bisa dilakukan di pengaturan main menu. Saat sudah aktif, lepaskan lensa dan tekan shutter release hingga mirror terangkat dan terlihat sensor kamera Anda. Hadapkan kamea ke bawah dan semprot bagian dalam menggunakan blower agar debu bisa langsung jatuh ke bawah. Jika sudah, langsung matikan kamera.

Itulah beberapa cara merawat kamera DSLR. Yang paling penting adalah sesekali gunakan kamera agar tidak terlalu lama didiamkan. Gampang, kan?

LEAVE A REPLY