Ini Dia, 6 Tips Atasi Kecanduan Gadget

Ini Dia, 6 Tips Atasi Kecanduan Gadget

24
0
SHARE

Teknonetwork – Semakin hari perkembangan teknologi semakin pesat. Untuk saat ini gadget menjadi bagian terpenting untuk semua orang. Ditempat umum saja bisa dilihat orang-orang lebih sibuk bermain dengan gadget-nya. Ini tentunya wajar saja kalau hanya sekedar mengecek gadget, namun apabila sampai kecanduan ini menjadi berbahaya. Untuk itu ini dia tips atasi kecanduan gadget.

 

  • Gunakan cukup 1 media sosial

Seringkali penggunaan gadget hanya untuk mengecek notifikasi media sosial. Ataupun meng-update kegiatan sehari-hari di seluruh media sosial. Selain menghabiskan waktu kegiatan ini juga mengakibatkan seseorang terlihat sibuk di dunia maya. Padahal banyak hal lain yang lebih bermanfaat yang bisa kita lakukan. Untuk itu berfokuslah hanya pada 1 media sosial saja untuk mengarungi kecanduan terhadap gadget.

 

  • Tinggalkan gadget-mu diruangan lain

Untuk mengatasi kecanduan yang berlebihan terhadap gadget, bisa dilakukan dengan cara menaruh gadget diruang lain, dalam tas, ataupun gadget dibuat mde getar ataupun diam sehingga suaranya tidak menginginkan kita untuk menggunakannya.

 

  • Matikan gadget 1 jam sebelum tidur

Bermain gadget di malam hari dapat menyebabkan gangguan susah tidur. Meskipun hanya mengecek sosial media, hal ini akan mengganggu jam tidur kita. Agar tidak kecanduan matikanlah gadget 1 jam sebelum tidur agar tidak perlu lagi memeriksanya.

 

  • Stop membeli gadget baru

Semakin hari gadget banyak bermunculan dengan fitur-fitur yang semakin membuat kecanduan untuk memainkannya. Belilah gadget yang sesuai dengan kebutuhan kita saja. Jika anda termasuk orang yang kurag aktif di media sosial bisa memilih gadget yang hanya bisa digunakan menelephone dan SMS saja, agar tidak terlalu lama ingin menatap gadget.

 

  • Bekali diri dengan buku sertiap harinya

Biasanya penggunaan gadget dilakukan ketika pengguna lagi menunggu atau mengantri sesuatu. Rubahlah dengan cara membaca buku daripada bermain gadget. Dengan begitu bisa membuang hal negatif sehingga mendapatkan hal yang positif.

 

  • Tetapkan makasimal batasan waktu penggunaan

Dengan cara ini penggunaan sesuai dengan kebutuhan saja, penggunaan di waktu luang juga dibatasi. Lebih baik mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat seperti bersosialisasi dengan teman ataupun melatih hobi. Kenali waktu dimana harus menggunakannya dan kapan harus meninggalkannya.

 

Perlu dikatahui, pengunaan gadget secara berlebihan akan membawa banyak dampak buruk misalnya waktu terbuang sia-sia dan kurang bersosialisasi dengan teman, untuk itu anda bisa lebih bijak dalam penggunaannya. Bagaiaman dengan tips untuk mengatasi kecanduan gadget di atas? Apakah anda tertarik untuk menerapkannya?

LEAVE A REPLY