Jaringan WiFi Dicuri, Ini Cara Mengatasinya!

Jaringan WiFi Dicuri, Ini Cara Mengatasinya!

89
0
SHARE

Apakah Anda pernah mengalami koneksi WiFi tiba-tiba lemot? Ada banyak faktor yang membuat konektivitasnya melambat. Salah satunya adalah WiFi Anda dicuri alias ada orang yang berhasil membobol kode keamanan WiFi Anda. Nah, Tekno Network punya cara mengatasi jaringan WiFi dicuri yang bisa Anda lakukan untuk melindunginya.

Namun sebelum itu, Anda juga harus memastikan apakah benar jaringan WiFi dicuri. Bagaimana cara mengetahuinya? Cara mengetahuinya sangat mudah, tanpa harus melakukan root. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal-hal yang bisa diketahui antara lain semua perangkat yang terhubung, MAC Address, IP Adress, DNS, perangkat yang digunakan, merek perangkat, dan banyak lainnya.

Aplikasi yang bisa didownload adalah Fing – Network Tools. Setelah diunduh, secara otomatis aplikasinya akan melakukan scanning dan Anda bisa mengetahui siapa pencurinya. Setelah mengetahui pencurinya, apa yang bisa dilakukan?

Anda bisa memblokir nama yang tak dikenal juga menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasinya adalah Block WiFi Freeloader. Setelah terpasang, pastikan perangkat Anda terhubung ke WiFi. Buka aplikasi dan Anda bisa mengklik Rescan. Selanjutnya Anda bisa mengubah status perangkat yang terhubung.

Known merupakan perangkat yang dikenal. Nah, jika Anda melihat perangkat tak dikenal, Anda bisa mengubah statusnya menjadi Stranger dengan masuk ke Router Manager > Pilih Block. Dengan begitu, Anda telah memutus konektivitas jaringan WiFi Anda dengan perangkat yang tidak dikenal.

Sebenarnya kedua aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengetahui perangkat asing yang menggunakan jaringan WiFi Anda. Bahkan bisa juga melakukan pemblokiran. Setelah semua aman, Anda sebaiknya mengganti password WiFi dengan kode yang lebih sulit dari sebelumnya. Well, Anda bisa menikmati jaringan WiFi Anda kembali cepat tanpa gangguan.

LEAVE A REPLY