Masalah Klasik Seputar Password (dan Cara Mengatasinya)

Masalah Klasik Seputar Password (dan Cara Mengatasinya)

324
0
SHARE

Seiring dengan semakin maraknya penggunaan media sosial dan situs-situs bisnis melalui internet, semakin banyak pula orang yang bergantung pada susunan password yang mereka buat untuk mengakses situs tersebut. Tentu saja kombinasi angka-angka dan huruf dari password adalah case-sensitive dan sangat dibutuhkan untuk melindungi data-data pribadi yang dimiliki oleh pengguna. Tapi hampir mayoritas pengguna internet harus mengakui bahwa mereka seringkali mengalami dilema dengan password mereka.

Salah satu problem yang sering dihadapi adalah mempertimbangkan akankah Anda menggunakan kombinasi password yang lebih mudah diingat namun akan sangat gampang dibobol, atau menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka yang rumit, yang walaupun jauh lebih aman dari jenis password pertama tapi akan menimbulkan masalah karena Anda sendiripun tak akan sanggup mengingatnya.

Belum lagi ditambah jika Anda memiliki multiple accounts di situs yang berbeda-beda, umumnya ditemukan pada orang-orang yang eksis di berbagai macam situs media sosial. Tentu saja kebanyakan orang cenderung menggunakan password yang sama untuk semua situs yang mereka gunakan. Dengan demikian, mereka tidak perlu khawatir password untuk situs tersebut akan tertukar kan?

Tapi itu berarti keamanan Anda pun tak akan terjamin. Seorang hacker dapat dengan mudah membobol satu akun Anda, dan bukan tak mungkin mereka akan mengambil petunjuk dan berhasil membobol akun-akun Anda lainnya. Apalagi jika akun pertama yang mereka bobol adalah akun email. Padahal, Anda pasti menyadari betapa pentingnya main email account karena di sana tersimpan berbagai macam informasi penting apalagi jika Anda menggunakan layanan e-banking.

Untuk alasan itu juga yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan password berbeda-beda untuk akun yang berbeda. Dibandingkan dengan metode satu password untuk semua akun, cara satu ini memang terhitung jauh lebih aman. Tapi sekali lagi, bisakah Anda mengingat password dari masing-masing akun? Apalagi buat Anda yang memiiki ingatan payah, hal tersebut pasti jadi semakin menyusahkan karena Anda harus mengisi form “Lupa Password” (lebih parah lagi jika Anda melupakan password dari akun email Anda).

Cara termudah sebenarnya adalah dengan mencatat password dan email dari masing-masing akun tersebut ke dalam Notepad. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengakses akun Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan opsi “Remember my password” pada situs tersebut sehingga Anda tak perlu mencatat atau mengingat-ingat password dari akun Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY