6 Tips Hemat Baterai Smartphone Harus Coba

6 Tips Hemat Baterai Smartphone Harus Coba

435
0
SHARE
Tips Hemat Baterai Smartphone yang Harus Dicoba

Tips hemat baterai smartphoneAnda pasti sudah tidak kaget jika mendapati baterai smartphone tidak bisa bertahan lama. Hal ini sudah sangat umum, bahkan beberapa orang tidak tahan dengan kondisi baterai smartphone yang mudah mati akhirnya mereka pun membeli baterai yang baru dengan biaya yang tidak murah.

Selain memang karena baterai smartphone yang dimiliki tidak memiliki kapasitas yang besar, alasan lain yang memungkinkan hal ini terjadi adalah cara merawat baterai yang salah. Sebenarnya banyak cara menghemat baterai smartphone yang bisa dilakukan. Jika Anda tidak tahu, maka simak ulasan berikut ini tentang trik menghemat baterai smartphone.

1. Gunakan Wallpaper Berwarna Hitam

Jika ponsel Anda memiliki ponsel dengan layar AMOLED, sebaiknya Anda gunakan wallpaper warna hitam, karena layar AMOLED hanya akan menerangi piksel berwarna dan itulah yang menyebabkan daya baterai cepat habis.

2. Matikan Google Hotwords

Berikut ini adalah tips hemat baterai smartphone yang cukup ampuh untuk Anda. Fitur pencarian suara Google memang sangat fantastis dan mempermudah Anda melakukan pencarian. Namun, hal itu sangat menguras daya baterai ponsel Anda. Oleh karena itu, sebaiknya matikan saja jika tidak digunakan.

Baca juga ini : Selamatkan Baterai Handset dengan Aplikasi Android Ini

3. Jangan Aktifkan Auto Brightness

Salah satu cara terbaik untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan menonaktifkan fitur auto brightness. Ubah menjadi pengaturan manual, sehingga Anda hanya akan menerangkan layar pada kondisi-kondisi tertentu.

4. Jangan Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Aneh memang jika aplikasi hemat baterai justru menghabiskan daya baterai smartphone. Hal ini dikarenakan, aplikasi hemat baterai tersebut akan terus aktif dan berjalan pada layar smartphone Anda dan menguras daya baterai secara terus-menerus.

5. Gunakan Koneksi 2G Jika 3G/4G Tidak Stabil

Ketidakstabilan sinyal juga sangat berpengaruh pada kondisi baterai smartphone Anda. Oleh karena itu, jika Anda berada di suatu tempat yang minim sinyal, sebaiknya ganti koneksi dari 3G/4G ke sinyal 2G.

6. Atur Screen Timeout Seminimal Mungkin

Maksudnya, atur agar waktu screen timeout tidak terlalu lama. Biasanya pilihan paling cepat yang disediakan adalah 15 detik. Dengan begini layar tidak terlalu lama menyala saat Anda tidak menggunakan ponsel dan pastinya berimbas pada kemampuan baterai untuk bertahan lebih lama.

Jadi, itulah beberapa tips hemat baterai smartphone. Dengan begitu Anda tidak akan bingung saat mengalami baterai ponsel yang cepat habis. Jika tips tersebut tidak berhasil, maka Anda memang harus mengganti baterai ponsel pintar tersebut.

LEAVE A REPLY