7 Tips Menghasilkan Foto Berkualitas dari Smartphone Android

7 Tips Menghasilkan Foto Berkualitas dari Smartphone Android

10924
0
SHARE
Tips Menghasilkan Foto Berkualitas Dari Smartphone Android

Tips Menghasilkan Foto Berkualitas – Saat ini Smartphone Android sudah mulai menggantikan trend dari kamera DSLR, pasalnya penggunaan smartphone memiliki kamera yang berkualitas semakin banyak dari pada harus memiliki kamera DSLR jika hanya digunakan sebatas senang-senang. Selain harganya yang tidak semahal kamera DSLR asli, kamera pada smartphone android saat ini memiliki dukungan lensa dalam dunia fotografi.

Dari segi flagship, para pembuat smartphone android dengan merk yang berbeda-beda mengutamakan kualitas dan fitur kamera yang akan dibawa dan sekarang pun banyak sekali dari mereka yang memberi embel-embel “Pengganti Kamera DSLR Anda”. Kali ini kami akan berbagi Tips menghasilkan foto yang berkualitas meski bukan dengan smartphone dengan flagship terbarunya, namun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang akan banyak membantu menambah kualitas foto.

Aplikasi yang kami pakai bernama “A Better Camera”, aplikasi yang akan membuat kamera pada smartphone kalian memiliki fitur berlipat ganda dengan menambahkan efek HDR, Smart Multishot, Panorama, Burst Mode hingga Night Mode. Kita juga bisa melakukan manual focus dan manual exposure dalam pengambilan gambar dengan menggunakan aplikasi ini.

Namun hanya dengan sebuah aplikasi kamera saja tidak akan cukup untuk menghasilkan kualitas foto kita menjadi sempurna, kalian tetap membutuhkan skill dan pengetahuan dasar fotografi untuk memaksimalkan hasil jepretannya dan Menghasilkan Foto yang Berkualitas. Berikut adalah point-ponit yang harus kalian perhatikan dalam pengambilan foto untuk mendapatkan kualitas foto seperti profesional.

Cara Menghasilkan Foto Berkualitas Seperti DSLR

1. Perjelas Objek Foto

Ketika kita akan mengambil foto seseorang dengan latar belakang keindahan alam, sebenarnya kita hanya berfokus kepada orang tersebut sehingga foto tersebut tidak ada keseimbangan antara objek dengan latar belakang berupa pemandangan tadi. Kita tidak harus meletakan objek yang akan fokus di ambil diletakkan di tengah frame, kalian tetap bisa menyuruh merekalebih ke pinggir, sehingga orang lain yang akan melihat foto tersebut, masih tetap bisa juga melihat keindahan pemandangan dari latar belakang si objek.

Baca Juga : 5 Aplikasi Kamera Autofocus untuk Android Terbaik!

2. Pilih Tempat yang Banyak Memiliki Efek Cahaya

Ketika kita berada dalam dunia fotogafi, cahaya adalah satu hal yang sangat penting, karena sebuah objek yang memiliki minim cahaya maka mengakibatkan munculnya banyak noise yang akan sangat mempengaruhi kualitas foto kalian. Tapi itu bukan berarti cahaya adalah segalanya dalam dunia fotografi, cahaya yang berlebihan juga bisa mengakibatkan objek foto yang akan kita ambil menjadi over-exposure sehingga akan membuatnya terlihat flat dan mengurangi detain objek yang akan di ambil.

3. Membersihkan Lensa Kamera Pada Android

Terkadang kita sering mengambil foto dan hasilnya buram, padahal kita sudah mengambil foto tersebut dengan tidak bergetar atau bergerak-gerak, tapi teranyata masih saja tetap buram. Cobalah untuk memeriksa lensa pada kamera android kalian, terkadang kita perlu membarsihkan lensa pada kamera android karena sering sekali kotor, terkena kulit yang berminyak, atau bahkan banyak debu yang menempel akibat kurang diperhatikan.

Nah dari sini kalian bisa mencoba membersikan lensa pada kamera android agar kita dapat mengambil gambar dengan jelas dan bersih tanpa kotoran. Cara membersihkannya juga mudah, cukup dengan menggunakan tisu yang di basahi dengan sedikit alkohol, atau tisu yang ditetesi dengan sedikit air, setelah itu kita keringkan dengan tisu kering.

4. Jangan Menggunakan Digital Zoom

Fitur digital zoom di buat agar kita dapat mengambil objek yang berada di tempat yang lebih jauh dengan bagus. Akan tetapi kerugian menggunakan fitur ini adalah gambar foto yang dihasilkan oleh jepretan kamera akan mengalami pecah-pecah pada bagian foto.

Karena fitur digital zoom ini memperbesar gambar dengan cara memperkecil pixel yang dilihat dan itu menyebabkan hasil goto menjadi agak pecah. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus mau tidak mau kita harus berusaha untuk mendekati objek yang akan di ambil gambarnya.

5. Perhatikan komposisi

Nah, langkah ini juga salah satu penentu kualitas membuat foto menjadi lebih keren adalah dengan mengatur komposisi yang tepat pada smartphone, dengan memahami tentang Rule of Third garis bantu, sudut gambar pengambilan, framing, dan lain-lainnya anda akan dengan mudah dapat mengambil gambar dengan hasil terbaik. dengan menguasai teknik pengaturan komposisi tersebut, barulah anda memperhatikan aspek lainnya seperti angle dan brightness.

6. Ambil Foto dengan Mode Landscape

Salah satu kunci dari hasil foto yang bagus melalui smartphone Android adalah dengan memotret objek secara horizontal atau landscape. Selama Anda tidak akan memotret objek yang tinggi dari jarak dekat, menggunakan teknik landscape akan menghasilkan foto lebih baik dengan jangkauan yang lebih luas bisa tertangkap dalam kamera. Teknik ini jelas sangat cocok bagi Anda yang ingin memotret pemandangan.

7. Pilih Aplikasi Kamera yang Bagus

Aplikasi kamera kadang bisa menjadi jalan untuk menghasilkan foto yang tampilannya detail. Saat ini sudah ada banyak aplikasi kamera yang tersedia dan bisa membantu Anda untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus. Mereka lebih bagus karena mereka menyediakan pengaturan pengambilan gambar yang lebih lengkap ketimbang fitur bawaan yang tersedia.

Itulah sedikit Tips untuk Menghasilkan Foto Berkualitas yang baik dengan Android, semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY