Tips Menghemat Kuota Internet Tanpa Takut Boros

Tips Menghemat Kuota Internet Tanpa Takut Boros

172
0
SHARE
kuota internet

Kuota Internet sudah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Seiring makin lama jam berinternet ria, Seringkali kita tidak menyadari paketan data sering habis begitu cepat yang mengakibatkan biaya membeli kuota semakain membengkak. Konten dalam bentuk gambar bergerak atau video, grafis atau foto, selain bentuk teks tulisan, kesemuanya membuat konsumsi kuota internet semakin boros. Jadi, tidak heran bila konsumsi data internet kamu semakin lama semakin cepat habis. Untuk itu simak tips berikut untuk menghematnya.

 

  • Jangan nyalakan semua aplikasi yang memakan kuota

Menyalakan data selular pada semua aplikasi di ponsel, bisa membuat paket data kamu cepat habis. Coba lihat pengaturan pemakaian data seluler di smartphone dan nyalakan untuk aplikasi-aplikasi yang memang sering kamu gunakan. Cara ini cukup efektif menghemat kuota internet kamu sehingga tidak tersedot untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu kamu perlukan.

 

  • Manfaatkan Wi-Fi

Mungkin terdengar sedikit pelit ketika harus memanfaatkan jaringan wi-fi yang ada di suatu tempat. Namun, hal tersebut dapat membantu dalam mengurangi pemakaian kuota internet. Wi-fi dapat digunakan untuk meng-update sejumlah aplikasi yang telah diunduh. Selain itu, wi-fi juga dapat digunakan untuk streaming musik dan video. Hal itu lebih menjanjikan daripada menggunakan paket internet dari provider pribadi.

 

  • Matikan ponsel saat tidur

Jangan lupa selalu mematikan ponsel atau aktifkan fitur Airplane Mode sebelum kamu tidur. Cara ini lumayan menghemat kuota internet. Risikonya, bila kamu selama ini bergantung pada ponsel sebagai alarm bangun tidur, bisa-bisa kamu bangun kesiangan. Gunakan jam weker saja agar lebih hemat. Lagipula, sinyal ponsel yang terus menyala ketika kamu tidur, kurang baik bagi kesehatan lho.

 

  • Hindari memakai kuota ponsel untuk tethering

Mungkin kalian merasa tidak puas berselancar di dunia maya memakai gadget dengan layar terbatas seperti ponsel pintar. Akhirnya, kamu tergoda menjadikannya personal hotspot (tethering) untuk laptop atau PC. Langkah ini dijamin bakal cepat menghabiskan kuota internet kalian. Jika hal ini terus dibiarkan terjadi, maka dapat dipastikan data internet smartphone kalian akan cepat habis.

 

  • Pilih browser yang hemat

Browser atau peramban juga bisa memboroskan kuota internet kamu. Terutama browser bawaan dari ponsel pintar. Misalnya, Safari yang tersedia di iPhone atau Google Chrome di platform Android. Supaya kuota internet kamu bisa lebih hemat, coba gunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser yang efisien mampu mengompresi website yang kamu kunjungi sehingga konsumsi data menjadi lebih sedikit.

 

Itulah cara menghemat Kuota Intetrnet agar tidak boros. Jadi sekarang sudah tidak bingung lagi kan caranya menghemat?.

LEAVE A REPLY