Tips Mudah Perbaiki Page Crash di Google Chrome

Tips Mudah Perbaiki Page Crash di Google Chrome

189
0
SHARE

Dibandingkan dengan browser lainnya, Google Chrome adalah browser web yang paling sering digunakan oleh mayoritas pengguna internet di seluruh dunia. Performa Google Chrome memang bisa dibilang lebih cepat dan dapat diandalkan. Namun tak jarang browser ini mengalami crash. Umumnya ketika terjadi web crash, web browser Google Chrome akan memunculkan pesan “Aw Snap” yang seringkali disertai dengan kode  kesalahan lainnya, seperti ERR_PROTOCOL, CONNECTION_RESET, ERR_CACHE_MISS, dan lain sebagainya.

Yang jelas hal tersebut tentunya sangat mengesalkan. Apalagi saat Anda tengah mengumpulkan  materi penting untuk makalah atau laporan kerja Anda atau saat Anda tengah seru-serunya beramin game online. Untungnya, masalah page crash ini dapat ditanggulangi dengan langkah-langkah yang cukup simple. Simak tips mudah memperbaiki page crash “Aw Snap” berikut ini.

Cara 1: Hapus Cache dan Cookie

  • Pertama-tama, buka browser Chrome dalam mode incognito baik dengan menekan tiga baris titik di bagian ujung kanan browser atau dengan menggunakan akses shortcut dengan menekan Ctrl+Shift+N secara bersamaan.
  • Selanjutnya, coba Anda muat halaman sebuah situs. Buka ikon tiga titik yang juga berada di ujung sebelah kanan atas browser Anda untuk mengakses drop-down menu. Dari opsi yang tersedia, pilih More Tools kemudian tekan Clear Browsing Data. Untuk lebih singkatnya, Anda bisa menekan tombol Ctrl+Shift+Delete.
  • Beralihlah pada opsi rentang waktu yang terletak di deretan atas, centang kotak All Time. Selanjutnya, pilih opsi Cached Images and Files, serta Cookies and Other Site Data. Tekan Clear Data.
  • Coba buka laman web yang sempat mengakibatkan web browser crash. Situs tersebut pasti akan terbuka lebih lancar tanpa membuat browser jadi lemot dan crash.

Cara 2: Kurangi Jumlah Tab yang Dibuka, Matikan Web Extension, atau Kurangi Program yang Tengah Berjalan

Web page crash juga bisa diakibatkan oleh kapasitas RAM laptop yang terlalu sedikit. Aktivitas browsing, penggunaan extensions dan program-program komputer lainnya memakan memori RAM laptop Anda, semakin banyak program yang dijalankan maka laptop akan semakin lemot sehingga memicu terjadinya web crash.

Coba amati jumlah tabs yang terbuka pada browser Anda, karena jangan-jangan Anda membuka terlalu banyak tabs sekaligus. Coba tutup tabs yang tidak Anda gunakan dan hanya buka satu atau dua tabs dalam satu browser. Perhatikan juga jumlah program komputer yang Anda jalankan. Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan dan sekiranya mengkonsumsi terlalu banyak memori RAM. Jangan lupa untuk mematikan web extensions pada setting Google Chrome Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY