Trik Bedakan Charger iPhone Asli Dan Palsu

Trik Bedakan Charger iPhone Asli Dan Palsu

131
0
SHARE

Untuk para pengguna iPhone pasti tahu harga yang dibanderol untuk setiap aksesorisnya. Salah satunya adalah charger. Kabel penting untuk mengisi daya baterai ponsel Apple ini dihargai sangat mahal, sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribuan. Karena harga yang terbilang mahal, membuat masyarakat yang menggunakan Apple lebih memilih untuk menggunakan charger iPhone palsu. Memang tak perlu bingung untuk membedakan mana charger iPhone asli dan palsu. Dari segi harganya saja sudah terlihat jelas.

Cara lain untuk membedakan charger iPhone asli dengan yang palsu pun juga bisa. Mulai dari bentuknya. Charger asli memiliki bentuk yang proporsional. Sedangkan charger palsu terkesan murahan. Selain itu, lihat juga penampilannya. Charger ori memiliki serial number pada bagian port USB-nya. Tulisannya pun sangat rapi dan terlihat dicetak dengan mesin.

Bagian luar bodinya tak terlalu putih, cenderung berwarna keabuan. Di bagian tengah bodi semakin jelas warna abu-abunya. Ada juga di bagian bodinya logo atau stiker bertuliskan auto cut electricity yang merupakan fitur pemotong arus saat pengisian sudah penuh. Dari segi pengisian pun juga kelihatan, charger asli mengisi lebih cepat, sekitar 40 menitan. Sedangkan charger palsu bisa sampai 60 menit untuk mengisi baterai hingga penuh.

Charger iPhone yang asli dengan yang palsu bisa dibilang serupa tapi tak sama. Dari bagian luar memang bagai pinang dibelah dua dan cukup sulit untuk membedakannya. Charger asli akan menyebut Designed by Apple in California, sementara yang palsu menulis kalimat Designed By California.

Satu lagi yang sangat jelas perbedaannya adalah daya yang dikeluarkan. Daya keluaran charger palsu bisa sangat buruk. Ini karena kualitas komponen yang dipakai. Untuk menekan harga yang lebih murah, produsen charger palsu hanya akan memperoleh kisaran beberapa dollar AS karena melakukan banyak kompromi material.

Yang lebih berbahaya lagi, seperti disebut oleh Shirrif, produk-produk charger palsu kerap tak mengindahkan standar keamanan Underwriters Laboratories (UL) soal insulasi antara sirkuit listrik input dan output yang mencegah terjadinya kebocoran listrik dari aliran masuk ke aliran keluar.

Dengan cara membedakan charger iPhone asli dan palsu tersebut, Anda bisa mulai berhati-hati dari sekarang. Usahakan juga untuk membeli charger yang asli. Meski mahal, namun tetap aman dan berkualitas, kan?

LEAVE A REPLY