7 Cara Agar RAM Android Tidak Cepat Penuh

7 Cara Agar RAM Android Tidak Cepat Penuh

40153
0
SHARE
Cara agar RAM di android tidak cepat penuh

Cara agar RAM di Android tidak cepat penuh – Saat menggunakan gadget android anda, tiba-tiba terasa lemot? Salah satu faktor penyebab kinerja gadget android menjadi lambat yakni ruang penyimpanan atau RAM bekerja ekstra karena menjelankan banyak aplikasi.

Ruang penyimpanan pada gadget cepat penuh, terjadi akibat banyak hal tanpa kita sadari. RAM yang penuh akan berdampak pada melambatnya kinerja gadget dan mengakibatkan lag saat menjalankan aplikasi.

Untuk itu tim teknonetwork.com akan memberikan tips agar RAM di android tidak cepet penuh yang dapat anda praktekan pada gadget anda.

1. Cari dan Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai 

Kenapa aplikasi dihapus? Alasannya karena aplikasi tersebut jarang dipakai atau tak pernah digunakan. Lalu untuk apa anda pertahankan aplikasi tersebut? Alasan lainnya karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada gadget Android akan mengakibatkan RAM penuh.

Tips menghapus aplikasi pada Android yakni masuk ke setting dan pilih aplikasi yang ingin dihapus, gunakan clear data dan clear cache sebelum memilih uninstall. Gunanya disini untuk menghilangkan data-data yang masih tersimpan walah telah di uninstall.

2. Gunakan Aplikasi RAM Manager

RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro. Berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM android sesuai kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk memori bebas lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari, multitasking mode untuk multitasking berat, sampai mode hard gaming untuk penggunaan game berat.

3. Gunakan Aplikasi XBooster

Pada awalnya, nama aplikasi ini adalah Boost My Experia. Dibuat oleh seorang member forum xda ber-username gagan.u20, dan aplikasi ini banyak digunakan pada ROM-ROM xperia yang muncul kemudian.
Namun saat ini, aplikasi ini sudah tersedia secara global untuk semua merk android (tidak hanya Xperia) dan membawa nama XBooster. Fungsi dari aplikasi ini adalah melakukkan boosting RAM android. Singkatnya, mirip dengan task killer namun lebih bagus dalam performanya.

4. Atur kembali penyimpanan media

Atur kembali file-file yang terdapat pada media penyimpanan khususnya memori internal. Apabila file media pada perangkat gadget telah sesak atau penuh, ada baiknya ditransfer ke komputer atau media penyimpanan lainnya seperti memori eksternal.

5. Bersihkan Cache dan Data secara Berkala

Gadget Android apabila digunakan dengan waktu yang lama, cache juga akan bertambah dengan seiringnya waktu. Untuk itu, anda harus membersihkan cache secara berkala. Caranya, masuk ke dalam setting lalu pilih storage dan clear data.

Atau Anda dapat menginstal aplikasi pada pihak ketiga untuk memudahkan proses ini, salah satunya aplikasi CCleaner yang dapat anda unduh dan install secara gratis di Google Play Store.

6. Batasi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Penggunaan widget dan live wallpaper memang membuat tampilan home screen ponsel kita jadi lebih menarik, namun perlu diperhatikan bahwa 2 elemen ini cukup memakan penggunaan RAM dan baterai. Karena itu untuk mengoptimalkan kinerja ponsel sebaiknya jangan terlalu sering atau terlalu banyak menggunakan widget dan live wallpaper, ya.

7. Non Aktifkan Aplikasi yang Tak Bisa Diuninstall

Biasanya sebuah smartphone Android memiliki banyak aplikasi yang sudah otomatis terinstall di dalamnya ketika pertama kali digunakan. Dan banyak diantara aplikasi-aplikasi tersebut yang kenyataannya jarang kita gunakan. Karena untuk menghapusnya Anda harus melakukan root Android Anda, untuk itu daripada ribet Anda bisa memilih untuk menonaktifkannya.

Caranya di menu Application Manager Anda bisa memilih aplikasi yang dimaksud, kemudian pilih Uninstal Updates, baru setelah itu pilih opsi Disable. Hal ini akan mencegah aplikasi berjalan dan memakan RAM lebih banyak.

Itulah beberapa cara agar RAM di android tidak cepat penuh. Usahakan agar tak memasang aplikasi terlalu banyak karena dapat memperlambat kinerja gadget android Anda.

LEAVE A REPLY