Tips Asik Twitteran

Tips Asik Twitteran

583
0
SHARE
twitteran

Twitter mulai digemari akhir-akhir ini, selain untuk tuntutan standar pergaulan, tapi juga beberapa orang mulai bosan dengan facebook. Namun ternyata twitter sangat berbeda dengan facebook. Kebanyakan belum ada yang belum mengerti caranya twitteran. Bagaimana caranya twitteran, trik twitteran? Yuk, kita belajar bersama.

Setelah Anda punya account twitter, tentu Anda asing sekali di jejaring sosial ini. Saya perkenalkan yang umum kita temukan dalam twitter.

DM = direct message → mengirim pesan pribadi

RT = retweet → tweet ulang / meneruskan tweet orang lain (istilah tweet di twitter = status di facebook)

fav = favorite → isitilahnya sama seperti bookmark, yaitu menyimpan tweet

del = delete → siapa sih yang belum tahu arti delete?

list = mengelompokkan account twitter tertentu

Langkah Pertama

Langkah pertama Anda adalah follow twitter teman. Berfungsi supaya kita dapat menerima update tweetnya. Jika Anda ingin memberitahukannnya untuk follow balik, lakukan mention, akan segera saya jelaskan.

Mencoba Mention

Mention, atau dalam facebook istilahnya ‘tag’. Berfungsi untuk memberitahu mereka (yang kita mention / tag) bahwa kita ingin ngobrol.

Contoh (twitter saya @ladidanation):– hello @ladidanation , follback dong!!

– @ladidanation gimana kabarnya??

Secara otomatis orang yang Anda mention mengetahui bahwa dia telah ‘di-tag’.

Cara Membalas Tweet / Berkomentar

saat ini, ada 2 cara utk berkomentar / membalas tweet orang.

Cara yang sebenarnya:dengan klik fitur reply yang sudah disediakan, kemudian kita tinggal mengetik komentar kita.

 

Cara yang salah, tapi populer:menggunakan RT + komentar. Cara ini sebenarnya salah, tapi sudah umum ya sudahlah. Caranya klik fitur RT, kemudian beri komentar Anda sebelum tulisan RT.

Contoh (ketika sudah klik RT):

wah bagi dong RT @ladidanation:lagi makan nasgor nih!!

Mengetahui Mention Kita

Di facebook istilahnya notifikasi atau pemberitahuan, Anda dapat mengetahui siapa yang mention Anda. Caranya klik pada replies, atau jika Anda menggunakan twitter versi mobile, klik mentions, maka akan terlihat di sana siapa yang mention Anda. Kemudian Anda bisa membalas tweet tersebut dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Dari trik-trik di atas, sudah 80% Anda bisa bermain twitter. Untuk 20% nya akan muncul dari pengalaman Anda sendiri setelah bermain twitter.

Tambahan bagi Anda pengguna mobile, twitteran akan lebih mudah dengan m.tweete.net atau m.tutwit.com. Namun saya cenderung ke tuitwit karena tuitwit adalah karya anak bangsa.

LEAVE A REPLY