3 Cara Ampuh Blokir Nomor Spam dari Smartphone Anda

3 Cara Ampuh Blokir Nomor Spam dari Smartphone Anda

54
0
SHARE

Tidakkah Anda merasa kesal ketika Anda mendapati beberapa digit nomor asing menghubungi nomor Anda. Anda langsung mengira bahwa klien atau mungkin dokter Anda yang menelepon, dan alangkah kecewanya ketika Anda menyadari bahwa itu adalah bot, spammer, atau bahkan penipu. Kalau hanya sekali-kali saja mungkin Anda bisa mengabaikan panggilan-panggilan masuk tersebut. Yang menjadi masalah adalah ketika Anda menerima jenis panggilan yang sama hingga lebih dari 2 kali tiap harinya. Sangat mengganggu, kan?

Anda bisa saja mengajukan keluhan kepada provider Anda, tapi percayalah! Kebanyakan keluhan umumnya tidak ditindaklanjuti. Keputusan untuk melindungi privasi sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri. Simak tips berikut ini yuk.

  • Membayar Mobile Provider Anda untuk Melindungi Anda

Untuk perlindungan maksimal dari panggilan yang mengganggu tersebut, Anda dapat memanfaatkan fitur pelayanan yang diberikan mobile provider Anda. Tentu saja, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar biaya berlangganan. Sebagai contoh, provider AT&T menyediakan fitur aplikasi Call Protect yang akan memblokir nomor-nomor asing setelah meminta persetujuan Anda untuk memblokir nomor tersebut. Aplikasi ini hanya tersedia gratis bagi pelanggan yang membayar layanan mereka.

  • Mengaktifkan Mode “Do Not Disturb” pada Smartphone

Bagi pengguna smartphone dengan OS Android dan iOS, Anda dapat mengaktifkan sistem Do Not Disturb sehingga hanya nomor-nomor yang terdaftar di dalam kontak Anda saja yang bisa menghubungi Anda. Kekurangan dari solusi ini adalah, ini merupakan langkah yang sangat ekstrim dan bisa jadi Anda melewatkan panggilan dari calon employer atau bahkan calon klien. Kecuali Anda rajin menyisir voicemail dan mengupdate daftar kontak Anda, kami tidak terlalu menyarankan tips ini.

  • Membeli Smartphone Samsung dan Google

Sedang dalam masa mencari smartphone yang tepat untuk Anda? Anda mungkin ingin mempertimbangkan kemungkinan Anda bakal dibombardir dengan panggilan-panggilan spam. Produk Samsung yaitu Samsung Galaxy S dan Samsung Note dilengkapi dengan fitur Smart Call yang secara otomatis akan menandai nomor telepon yang ditengarai sebagai nomor spam.

Smartphone besutan Google yaitu Google Pixel dan Google Pixel 2 juga memiliki fitur identifikasi nomor spam. Mereka memang tidak memblokir nomor tersebut, namun layar smartphone akan berubah menjadi merah sehingga membantu Anda mengidentifikasi ketika nomor spam masuk dan Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengangkatnya.

Atau jika tidak ada satupun dari solusi di atas yang applicable untuk Anda, Anda masih bisa memblokir nomor yang mengganggu tersebut satu-persatu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY