4 Trik Lindungi Diri Anda dari Peretasan Informasi Pribadi

4 Trik Lindungi Diri Anda dari Peretasan Informasi Pribadi

7
0
SHARE

Kalau Anda selalu update dengan pemberitaan infotainment Hollywood, Anda tentu sudah sering menyaksikan berita mengenai bocornya informasi privat yang dimiliki para selebritis tersebut mulai dari koleksi foto pribadi hingga sex tapes. Bagi penikmat infotainment, mungkin hal tersebut menjadi bagian dari entertainment yang menghibur Anda di waktu luang. Tapi Anda tak akan lagi berpendapat demikian jika Anda yang menjadi korbannya.

Peretasan informasi publik dapat menyerang semua pengguna teknologi tanpa memandang bulu. Jangankan koleksi foto-foto pribadi Anda, bisa jadi informasi penting yang tersimpan di dalam smartphone seperti nomor rekening bank Anda pun bisa jatuh di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apa yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri Anda?

  • Gunakan Two-Factor Authentication pada Akun Email Anda

Bagi para technology-savvy, menjaga keamanan email sangatlah penting. Di dalam email tersebut hampir semua informasi pribadi dan bahkan kontak-kontak penting Anda tersimpan. Untuk melindungi informasi penting yang tersimpan di dalam email Anda, selalu nyalakan fitur Otentikasi Dua Faktor pada akun email Anda. Anda dapat mengaktivasi fitur ini dengan memasuki opsi “Pengaturan” pada emai maupun pada smartphone Anda.

  • Gunakan Aplikasi Signal untuk Lakukan Private Chat dengan Teman-Teman

Dibandingkan dengan aplikasi Whatsapp, aplikasi chatting Signal memang cenderung tidak terlalu dikenal oleh masyarakat. Padahal aplikasi ini menawarkan keamanan dan kenyamanan Anda selama chatting bersama dengan teman-teman Anda. Signal juga direkomendasikan oleh Electronic Frontier Foundation sebagai aplikasi chatting yang aman dan mencegah pesan-pesan pribadi Anda diretas oleh pihak-pihak tertentu.

  • Gunakan Aplikasi Browser Tor Saat Browsing

Buat Anda yang ingin browsing tanpa meninggalkan jejak maya pada browser Anda, seringkali Anda akan menggunakan fitur Chrome Incognito. Walaupun browser tersebut memang tergolong bisa diandalkan, tapi masih ada jenis browser lain yang memiliki tingkat reliability yang jauh lebih bagus.

Jika Anda menginginkan pengalaman private browsing yang lebih terjamin, browser Tor dapat Anda unduh secara gratis. Browser ini memiliki sistem perlindungan berlapis sehingga menjamin tidak ada pihak manapun yang dapat memantau situs manapun yang Anda kunjungi.

  • Enskripsi Hard Drive Perangkat Elektronik Anda

Setiap Anda akan online, selalu sempatkan diri untuk meng-enskripsi perangkat gadget Anda untuk melindungi privasi. Jika Anda menggunakan produk Apple Mac, maka Anda dapat mengakses fitur FileVault yang terdapat pada tab Apple Menu > System Preferences > Security & Privacy. Sedangkan bagi pengguna Windows, Anda dapat memanfaatkan aplikasi BitLocker.

Semoga informasi ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY