Alexa, Personal Assistant yang Menjelma Penerjemah Universal


Hidup manusia saat ini kian dipermudah dengan adanya personal assistant. Setelah munculnya Siri dari Apple, Cortana dari Microsoft, hingga Google Assistant, Amazon kini memperbarui Alexa miliknya dengan menambahkan fitur penerjemah bahasa secara real-time. Berbentuk menyerupai speaker tabung mungil, Alexa merupakan teknologi voice service berbasis cloud yang memudahkan pengguna untuk terhubung dengan teknologi sederhana sehari-hari.

Meski belum resmi dirilis, Amazon saat ini kabarnya tengah berupaya mengeksplorasi kemampuan Alexa dalam mempermudah kehidupan manusia. Personal assistant yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 tersebut awalnya dilengkapi dengan kemampuan memainkan musik, menyusun to-do lists, menyetel alarm, memutar audiobook, hingga menyediakan informasi terkini seperti berita, lalu lintas, dan cuaca. Fitur-fitur yang disediakan tersebut tentunya tak jauh beda dari Siri, Cortana, atau Google Assistant.

Inovasi terbaru yang tengah dikembangkan Amazon untuk Alexa kali ini ialah menambahkan fitur penerjemah bahasa universal secara real-time. Meski sekilas tak terbayangkan, fitur tersebut nampaknya sangat membantu kehidupan manusia saat ini yang makin mudah melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia. Ketika Anda tengah menghadiri pernikahan kolega di Jepang, misalnya, Alexa akan membantu Anda melakukan percakapan yang diperlukan selama berada di wedding venue maupun selama Anda stay di Negeri Sakura tesebut. Tak hanya menerjemahkan bahasa percakapan sederhana, Alexa diharapkan akan membantu Anda berkomunikasi dengan petutur asli bahasa Jepang sekaligus memahami kebudayaan setempat secara kontekstual.

Berbeda dengan fitur Google Translate milik Google yang hanya bisa mengalihbahasakan informasi tertulis atau lisan, Alexa diprediksi mampu menerjemahkan beragam bahasa dan konteks budaya yang menyertainya. Tak hanya menerjemahkan bahasa populer selain Inggris seprti Spanyol, Itali, Jerman, atau Prancis, Amazon berencana menyulap Alexa menjadi multilingual assistant yang mampu membantu para pengguna untuk melakukan interaksi dalam berbagai situasi dan kondisi.

Fitur ambisius tersebut tentunya menyimpan sejuta potensi dalam menghubungkan individu-individu dari latar belakang budaya berbeda. Dunia alih bahasa dan transliterasi nampaknya akan memasuki babak baru karena alih-alih menerjemahkan kata demi kata, Alexa diharapkan dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan banyak orang dengan bahasa dan latar belakang budaya. Bersama Amazon dan Alexa, asisten virtual serba bisa ala film-film science fiction dapat segera mewujud nyata.

author
No Response

Leave a reply "Alexa, Personal Assistant yang Menjelma Penerjemah Universal"