Cara Cegah Facebook Kumpulkan Data Smartphone Anda

Cara Cegah Facebook Kumpulkan Data Smartphone Anda

14
0
SHARE

Bulan Maret kemarin, dunia dikejutkan dengan pemberitaan bahwa selama ini situs media sosial Facebook telah menggunakan jasa firma Cambridge Analytica untuk mengumpulkan data dari para users. Hal tersebut menimbulkan gelombang protes dari pengguna Facebook seluruh dunia, bahwa Facebook telah melanggar hak privasi mereka. Mark Zuckerberg selaku CEO memang sudah meminta maaf, tapi kasus ini ternyata berbuntut panjang.

Belakangan diketahui bahwa Facebook tidak hanya memiliki data pribadi dari para users, tapi juga merongrong data smartphone dengan menggunakan aplikasi Facebook Lite dan Messenger. Pengumpulan data tersebut dinilai sangat penting sebagai cara agar memudahkan Anda untuk terkoneksi dengan orang-orang tersebut melalui Facebook. Fitur ini juga merekam histori panggilan dan teks, sehingga bermanfaat bagi sebagian orang. Tapi bagi Anda yang ingin mematikan fitur tersebut, berikut caranya:

  • Saat Anda pertama kali menginstall dan mengaktifkan Messenger atau Facebook Lite dari smartphone Android, Anda akan menerima notifikasi yang menanyakan apakah Anda ingin untuk mengunggah informasi kontak Anda. Jika Anda menekan “Learn More”, maka data kontak Anda akan secara otomatis terunggah berikut dengan call dan text logs. Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut, maka Anda bisa memilih opsi “Not Now” atau “Skip”.

Untuk melihat apakah Facebook mengumpulkan data smartphone Anda, Anda dapat melihatnya dengan memilih opsi “Pengaturan” jika Anda menggunakan Facebook reguler. Sedangkan jika Anda menggunakan Facebook versi Lite, maka inilah langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Tekan ikon 3 garis horizontal di bagian atas aplikasi
  • Pilih opsi “Pengaturan Aplikasi”
  • Matikan fungsi fitur Unggahan Kontak Berkelanjutan, atau bisa juga dengan unchecking opsi “Sesuaikan Telepon Anda dan Historis Teks”.

Jika Anda ingin menggunakan fitur Pengumpulan Data Kontak tanpa histori panggilan maupun teks, maka Anda bisa memilih opsi dari laman “Uploading and Managing Your Contacts” dalam Pengaturan.

Fitur Pengumpulan Kontak pada Facebook memang dapat membantu Anda untuk terkoneksi dengan teman-teman dan keluarga Anda melalui Facebook. Namun  banyak dari Anda mungkin merasa ragu-ragu akan keamanan dari fitur ini. Untungnya, Facebook sudah menyatakan bahwa mereka tidak akan menjual data users yang terekam. Data-data tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam database Facebook, Anda bebas menghapus data tersebut sehingga privasi Anda tetap terjaga.

Bagaimana? Apakah Anda akan menggunakan atau justru akan mematikan fitur ini?

LEAVE A REPLY