Google Lens, Teknologi Informasi Mutakhir Berbasis Gambar

Google Lens, Teknologi Informasi Mutakhir Berbasis Gambar

71
0
SHARE

Tahun 2018 baru saja bergulir dan raksasa teknologi Google baru saja meluncurkan teknologi pencarian informasi berbasis gambar: Google Lens. Fitur mutakhir tersebut dapat digunakan oleh setiap pengguna ponsel pintar Android yang memiliki aplikasi Google Photos. Artinya, tak hanya mengabadikan momen, Google Lens juga bisa memberikan informasi yang Anda butuhkan terkait gambar tertentu, mulai dari menyimpan tulisan dari foto hingga mengidentifikasi lokasi pada gambar.

Kabarnya, Google Lens juga bisa diakses lewat Google Assistant pada beberapa gawai, misalnya flagship yang dirilis Samsung, Huawei, LG, Motorola, Sony, HMD, hingga Nokia. Tentu saja, Google Lens masih terus dikembangkan dan diperbarui secara bertahap, termasuk ponsel pintar iOS yang masih belum mendapat kesempatan menjajal kecanggihan Google Lens. Sebelumnya, fitur Google telah terlebih dahulu diluncurkan dan hanya bisa diakses melalui ponsel pintar Google Pixel. Saat ini, untuk mencicipi kecanggihan teknologi Google Lens tersebut, Anda harus memperbarui versi terbaru aplikasi Google Photos di Android, bisa dengan masuk ke pranala berikut: http://goo.gl/8ZXW7a

Jauh sebelum Google Lens dirilis, para penikmat teknologi rupanya telah memprediksi hal tersebut lewat pengumuman Google pada perhelatan Mobile World Congress, masih di awal tahun 2018 baru-baru ini. Aparna Chennapragada yang juga menjabat sebagai senior product director Google menuturkan bahwa Google Lens merupakan upaya Google untuk membuat dunia visual menjadi lebih mudah dipahami. Google Lens nantinya dianggap dapat berfungsi sebagai terobosan baru dalam memperoleh informasi lewat identifikasi dan membubuhkan keterangan pada gambar yang diambil dari hampir semua benda.

Tak hanya menjadi fitur fungsional, Google Lens nampaknya bisa menjadi gerbang pembuka menuju masa depan teknologi futuristik. Caranya mudah saja, cukup ambil gambar yang mengandung informasi tertentu berupa tulisan maupun landmark. Tentu saja, Anda sudah harus memasang shortcut Google Photos pada fitur kamera di ponsel yang Anda gunakan. Selanjutnya, tekan shortcut tersebut dan dapatkan informasi yang tersedia di Internet mengenai gambar yang baru saja Anda tangkap.

Sayangnya, ada beberapa kekurangan dari fitur Google Lens sejauh ini. Misalnya, beberapa gambar yang buram atau kabur saat dipotret tidak akan bisa membantu Anda mencari informasi terkait secara online. Beberapa gambar yang berkualitas prima, sebaliknya, tidak dapat menampilkan informasi yang sekiranya dibutuhkan apabila terdapat keterbatasan informasi terkait di Internet. Sejauh ini, Google Lens bisa digunakan untuk mencari informasi mengenai bangunan terkenal yang Anda potret, misalnya, mulai dari jam operasional hingga sejarah pendirian gedung tersebut.

Jadi tunggu apa lagi, Sahabat? Segera perbarui aplikasi Google Photos Anda dan nikmati kecanggihan teknologi informasi berbasis gambar lewat fitur Google Lens.

LEAVE A REPLY